maskepo feb unairMaskepo merupakan salah satu agenda yang ada di Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR. Kegiatan dikemas dalam bentuk videografi yang bertujuan untuk mempromosikan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berada di sekitar kampus. Melalui video pendek yang menarik dan informatif, diharapkan dapat meningkatkan awareness mahasiswa terhadap UMKM yang berada di sekitar kampus. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar lebih dalam tentang UMKM, serta meningkatkan kepedulian mereka terhadap usaha mikro kecil yang merupakan sektor ekonomi yang penting bagi masyarakat.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan melibatkan berbagai pihak seperti pengusaha UMKM, mahasiswa, dan tim kreatif yang akan membantu dalam produksi video. Selain mempromosikan UMKM, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya mendukung usaha mikro kecil di sekitar kampus. Nantinya Maskepo akan dilaksanakan minimal 4 kali dengan sasaran UMKM yang berbeda. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat terlibat aktif dalam memajukan perekonomian daerah.
Proker ini termasuk pada SDG 8 yaitu Decent Work and Economic growth karena dengan adanya MASKEPO ini dapat membantu perekonomian UMKM di Indonesia dalam mempromosikan serta memajukan UMKM sekitar yang masih membutuhkan bantuan serta Mempromosikan kebijakan pembangunan yang mendukung kegiatan produktif, penciptaan lapangan kerja yang layak, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, dan mendorong formalisasi dan pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah, termasuk melalui akses pada layanan keuangan.