kita peduli feb unair 2023

Kita Peduli merupakan program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terkait isu kemanusiaan, khususnya bagi warga FEB UNAIR dan masyarakat umum. Pada tahun ini, Kita Peduli mengangkat tema “Unity in Diversity” yang dilatarbelakangi oleh skeptis negatif masyarakat terhadap orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus. Program kerja ini merupakan contoh nyata bagaimana mahasiswa dapat berperan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui aksi kemanusiaan yang beragam.

 

Kita Peduli terdiri dari pre-event dan main-event yang tidak hanya mencerminkan semangat kepedulian, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian beberapa poin kunci SDGs. Pelaksanaan pre-event Kita Peduli terbagi dalam tiga kegiatan. Pre-event 1 berupa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada 25 Agustus 2023 berkolaborasi dengan Yayasan Anak Berkebutuhan Khusus Y-AMI. Pre-event 2 berupa pelaksanaan “Kelas Sunyi”, yakni kelas bahasa isyarat yang dilaksanakan di Aula FEB Unair dan diikuti oleh mahasiswa FEB pada 13 September 2023. Pre-event 3 berupa podcast bersama komunitas TIBA Surabaya yang telah melewati proses perekaman pada 23 September 2023. Tiga kali pelaksanaan pre-event program "Kita Peduli" adalah langkah awal yang sangat relevan dengan SDGs nomor 4, yaitu "Pendidikan Berkualitas. Mahasiswa tidak hanya memberikan dukungan emosional dan pendidikan kepada mereka yang membutuhkan, tetapi juga mempromosikan inklusi sosial dan akses pendidikan bagi semua. Selain itu, adanya podcast adalah contoh bagaimana teknologi dan media dapat digunakan untuk mendukung SDGs nomor 10, yang berfokus pada mengurangi ketidaksetaraan dalam masyarakat. 

 

Puncak acara "Kita Peduli" dalam bentuk konser amal dan workshop painting adalah momen yang mencerminkan SDGs nomor 1 dan 10. Pada main-event ini berfokus pada pengumpulan donasi yang akan disalurkan ke komunitas terkait, membantu mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketidaksetaraan melalui aksi nyata. Dengan demikian, program "Kita Peduli" adalah contoh bagaimana organisasi kampus dapat mengintegrasikan nilai-nilai kemanusiaan ke dalam kegiatan mereka dan secara konkret mendukung berbagai aspek SDGs yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.