Bina Abdi Desa merupakan program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR yang bersifat berkelanjutan selama 3 tahun di desa binaan. Bina Abdi Desa 2023 ini berkolaborasi dengan Desa Kandangan, Lumanjang selama 7 hari sejak 6 Agustus 2023 - 12 Agustus 2023 dimana para mahasiswa menjalankan beragam kegiatan untuk mendukung SDGs di masyarakat desa. Program ini bukan hanya berfokus pada satu aspek, tetapi berupaya merangkul beberapa dimensi SDGs secara bersamaan.

 

Dalam Bina Abdi Desa 2023, kegiatan yang terlaksana mencakup realisasi BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang memiliki dampak yang signifikan pada SDGs nomor 1 dan 8. Dengan membantu masyarakat desa mengembangkan usaha lokal, mahasiswa membantu mengentaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja. Selain itu, Sertifikasi Halal dan Wanderlust (promosi pariwisata setempat) mendukung SDGs nomor 8 dan 9 dengan membuka peluang ekonomi baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di wilayah tersebut. Dalam kegiatan Sertifikasi Halal dan Wanderlust, Bina Abdi Desa 2023 bekerja sama dengan Dosen FEB Unair yakni Bapak Noven Suprayogi, S.E.,M.Si.,Ak dan Bapak Mochamad Badowi, S.M., M.B.A. yang berperan sebagai pemateri sosialisasi bersama masyarakat desa.

 

Bina Abdi Desa 2023 juga berkolaborasi dengan KPLA FK Unair untuk menyelenggarakan kegiatan medical check-up bagi masyarakat desa berkontribusi pada SDGs nomor 3 dengan meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dapat membantu masyarakat desa sadar akan pentingnya kesehatan dimana hal ini akan mengurangi ketidaksetaraan kesehatan. Bina Abdi Desa 2023 ditutup dengan pentas seni dari anak-anak desa dimana mereka menampilkan bakat dan karya mereka sehingga membuka peluang dalam memberdayakan generasi muda untuk masa depan yang lebih cerah. Kegiatan tersebut sesuai dengan poin SDGs 4 yakni pendidikan inklusif dan berkualitas

 

Melalui berbagai rancangan kegiatan ini, Bina Abdi Desa adalah contoh nyata bagaimana mahasiswa dapat berperan aktif dalam mencapai tujuan SDGs dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat desa dalam berbagai aspek kehidupan mereka.