FEBerbakti merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR yang memiliki dua rangkaian kegiatan yakni SERBUNG (Seratus Bungkus) dan DONDAR (Donor Darah). Acara ini memiliki peran penting dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yaitu "Mengakhiri Kelaparan, Mencapai Keamanan Pangan, Meningkatkan Gizi, dan Mempromosikan Pertanian Berkelanjutan." 

 

SERBUNG adalah upaya konkret untuk mengatasi kelaparan dengan membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan. Tidak hanya masyarakat diluar kampus saja,  tetapi mahasiswa dan civitas kampus (satpam, tukang kebersihan, penjaga parkir, dll) juga menjadi target pelaksanaan SERBUNG.

 

Disisi lain, DONDAR juga merupakan bagian penting dari upaya mencapai SDGs nomor 2.  Pengmas BEM FEB UNAIR menyelenggarakan kegiatan ini di lingkungan kampus yang dapat diikuti seluruh mahasiswa dan civitas akademika UNAIR. Darah yang didonorkan dapat menyelamatkan nyawa dan mendukung keamanan pangan dengan memberikan perlindungan kesehatan bagi penerima darah serta dapat mendukung ketersediaan darah yang cukup untuk keperluan medis, sehingga mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan kekurangan darah. 

 

Dengan demikian, FEBerbakti bukan hanya aksi sosial, tetapi juga langkah konkret menuju pencapaian SDGs nomor 2 yang bertujuan untuk mengakhiri kelaparan dan meningkatkan gizi di wilayah UNAIR.