Ruang Abdi merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati hari-hari yang berkaitan dengan kemanusiaan dan lingkungan hidup dan berperan penting dalam mendukung pencapaian beberapa poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

 

Ruang Abdi Vol I telah berhasil terlaksana dengan mengangkat tema memperingati hari Down Syndrome pada 21 Maret 2023 yang menggaet Sekolah Down Syndrome “QIS”. Peringatan Hari Down Syndrome mengeksplorasi konsep inklusi sosial, mencerminkan semangat SDGs nomor 10 yang menekankan pentingnya mengurangi ketidaksetaraan. Melalui interaksi dan kerja sama yang akrab dengan individu yang memiliki Down Syndrome, Pengmas BEM FEB UNAIR memperkuat komunitas inklusif yang mendorong keadilan dan kesetaraan.

 

Ruang Abdi Vol II mengangkat tema Hari Lingkungan Hidup sedunia pada tanggal 5 Juni 2023. Acara ini terdiri dari rangkaian kegiatan Beach Clean Up dan sosialisasi mengenai sampah plastik dari komunitas terkait. Pengmas BEM FEB UNAIR mengadakan kegiatan "beach clean up" tidak hanya mengambil peran dalam menjaga kebersihan pantai, tetapi juga aktif mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama SDGs nomor 14 yang menekankan perlindungan dan pengelolaan ekosistem laut dan pesisir. Melalui upaya membersihkan pantai dari sampah plastik dan limbah lainnya,mahasiswa berkontribusi pada pelestarian alam yang berkelanjutan, yang sangat relevan dalam konteks global saat ini.

 

Dengan demikian, Ruang Abdi tidak hanya mencerminkan semangat kemanusiaan, tetapi juga merupakan langkah konkret menuju pencapaian berbagai tujuan SDGs yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih adil, berkelanjutan, dan inklusif bagi semua.