TIM DEPARTEMEN ILMU EKONOMI FEB UNAIR MENDAPAT KESEMPATAN MENJADI PRESENTER PADA 39TH EURASIA BUSINESS AND ECONOMICS SOCIETY (EBES) INTERNATIONAL CONFERENCE 2022 DI ROME, ITALY

 

39th EBES International Conference – Rome, Italy, merupakan sebuah kegiatan international conference yang diinisiasi oleh Sapienza University of Rome, Italy, yang merupakan salah satu universitas terkemuka yang ada di Roma, Italia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempertemukan banyak peneliti terkemuka dari seluruh dunia. Peserta konferensi nantinya akan menemukan peluang untuk mempresentasikan penelitian terbaru, bertukar informasi, dan mendiskusikan isu-isu terkini. Konferensi ini diadakan sebagai acara hybrid yang memungkinkan para peserta konferensi untuk mempresentasikan melalui platform Zoom dan hadir secara langsung di Sapienza University of Rome, Italy.

Pada kesempatan ini, tim perwakilan dari Departemen Ilmu Ekonomi FEB UNAIR terpilih sebagai salah satu peserta di 39th EBES International Conference – Rome, Italy 2022 untuk melakukan presentasi secara langsung melalui platform Zoom. Tim ini telah melewati berbagai tahapan sebelum mendapatkan undangan untuk melakukan oral presentation dari pihak penyelenggara. Tahapan awal, tim terlebih dahulu mengirimkan extended abstract pada pertengahan Maret 2022 dan dilanjutkan dengan melakukan proses administrasi keuangan sebagai syarat yang harus dipenuhi dalam keikutsertaan kegiatan.

39th EBES International Conference – Rome, Italy mengkaji isu-isu terkini yang berkaitan dengan bidang ekonomi, keuangan, bisnis, manajemen dan isu terkini lainnya yang khususnya fokus pada benua Eropa dan Asia. Namun demikian, konferensi ini juga mengangkat berbagai topik terkini yang berkaitan dengan permasalahan isu  sosial, sumberdaya manusia, moneter, kemiskinan maupun masalah lingkungan yang menjadi dilema besar bagi setiap negara pada berbagai belahan dunia. Konferensi ini juga mencoba menelaah perkembangan ekonomi global, sekaligus pergeseran-pergeseran yang terjadi dalam pergerakan ekonomi ini sendiri.

Tim perwakilan dari Departemen Ilmu Ekonomi FEB UNAIR ini beranggotakan 2 Dosen dan 1 mahasiswa aktif dari departemen ini. Adapun anggota dari tim ini adalah Dyah Wulan Sari Dra., EC., M.Ec., Dev., Ph,D;  Dr. Unggul Heriqbaldi, SE.,M.Si.,M.App.Ec dan Ranti Darwin. Tim yang diwakili oleh Ranti Darwin mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi langsung melalui platform Zoom yang disediakan oleh pihak penyelenggara 39th EBES International Conference, di Sapienza University of Rome, Italy.

Adapun topik yang menjadi bagian dari scope pembahasan dalam 39th EBES International Conference – Rome, Italy 2022 ini antara lain International Trade. Economics of Innovation & SMEs, Economics, Inequality, Entrepreneurship & SMEs, Labor Economics, Growth and Development, Banking & Finance, Regional Studies dan Growth & Development. Tim dari Departemen Ilmu Ekonomi FEB UNAIR ini mengangkat isu terkait The Determinant of Poverty Rate in Developing Countries.

Agenda pertama pada konferensi ini dimulai dengan opening speech yang dibuka oleh Mehmet Huseyin Bilgin (EBES & GLO & Istanbul Medeniyet University Turkey), Fabrizio D’Ascenzo ( Faculty of Economics of Sapienza University of Rome, Italy) dan Klaus F.Zimmermann ( EBES & GLO & UNU-MERIT & Free University Berlin, Germany). Pemaparan materi oleh Keynote Speech dengan tema “Big Pharma and Monopoly Capitalism: Along -Term View” yang disampaikan oleh Giovanni Dosi (Scuola Superiore Sant’Anna Italy) dengan moderator Marco Vivarelli (Catholic University of Milano Italy). Selanjutnya konferensi ini diikuti oleh serangkaian presentasi paper peserta konferensi dari berbagai belahan dunia.

Besar harapannya, paper yang dipresentasikan oleh tim dari Departemen Ilmu Ekonomi FEB UNAIR dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan khususnya di bidang ekonomi. Paper yang telah dipresentasikan juga akan diikutkan dalam proses publikasi menjadi jurnal Internasional yang diterbitkan oleh penyelenggara nantinya.