Pada tanggal 18-19 September 2020 telah dilaksanakan Airlangga Creativepreneur Competition yang merupakan salah satu program kerja Departemen Ekonomi Kreatif yang berbentuk lomba kewirausahaan di bidang bisnis. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB),  Universitas Gajah Mada (UGM), dan lain sebagainya. Dengan diselenggarakannya kegiatan ACTION, diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan keterampilan para mahasiswa Indonesia dalam berbisnis agar dapat menghasilkan produk kreatif dan inovatif sehingga dapat mencetak wirausahawan muda Indonesia.

ACTION tahun 2020 mengusung tema “Challenges of sociopreneurs in facing the era of industry 4.0 for a developed Indonesia”. Untuk tahapan seleksinya, para peserta mengirimkan paper terlebih dahulu secara online untuk kemudian diseleksi menjadi 15 tim. Tim yang lolos akan diberi pemberitahuan melalui e-mail dan feeds Instagram akun resmi ACTION untuk mengikuti Technical Meeting pada tanggal 18 September 2020. Pada tanggal 19 September 2020, masing-masing tim mempresentasikan paper yang telah mereka kumpulkan kepada para juri. Seluruh rangkaian ACTION 2020 ini dilakukan secara online melalui media Zoom dikarenakan kondisi pandemi.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan webinar yang dipandu oleh Dewi Kumala Putri dengan pemateri Ibu Eva Bachtiar S.T. yang merupakan Co-Founder and CEO dari Garda Pangan dan didampingi Laila Hidayat sebagai moderator. Materi yang disampaikan mengenai betapa pentingnya untuk mengolah foodwaste yang selama ini marak terjadi di kota – kota besar seperti Surabaya dan Malang.  Kemudian di akhir webinar dilakukan sesi tanya jawab sekaligus pengumuman dan awarding kepada pemenang lomba. Pada ACTION tahun 2020, Juara 1 dimenangkan oleh Tim Inti Cahaya Agri dari Universitas Airlangga yang beranggotakan Andrew Alvaro Harun, Eva Cipta Laras Kasih, dan Enina Patricia. Lalu Juara 2 diraih oleh Tim KIM dari Institut Teknologi Bandung yang beranggotakan Zakiyah Artanti Ratnadewi, Muthia Rahmah Delfi, dan Fadhilah Istiqomah. Sedangkan, pada Juara 3 diperoleh Tim Berflower dari Universitas Brawijaya dengan anggota Sekar Illiyyin, Annisa Jasmine Sjachputri, dan Salma

Ramadhani.  

 

Dengan diadakannya kegiatan ACTION 2020, Nevinda Yogastyawan selaku penanggung jawab kegiatan berharap kedepannya ACTION dapat lebih berkembang dan para peserta kegiatan ACTION bisa mewujudkan ide bisnisnya serta mendapat insight baru dari kegiatan ini.