Kerjasama Eksternal merupakan agenda kerja dari Departemen Hubungan Luar Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UNAIR 2020, yang menitikberatkan pada menjalin hubungan kerjasama Badan Eksekutif Mahasiswa selaku perwakilan dari mahasiswa FEB UNAIR, dengan merchant-merchant di sekitar kampus B Universitas Airlangga. Kerjasama Eksternal memiliki tujuan untuk turut mensejahterakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dalam pemenuhan kebutuhan produk makanan, minuman, dan jasa-jasa lainnya. Saat ini kegiatan sudah berjalan selama setengah periode kepengurusan BEM FEB 2020 dan telah bekerja sama dengan 24 dengan lebih dari 10 merchant baru, antara lain Zest Hotel, LIA Ngagel, Tutee.id, Tutorial 4Serangkai, Aiola Eatery, AHASS Panglima Jaya Motor, NOC Cheese and Bubble, IM Garage, Kopi Komunitas, dan masih banyak lagi.

Agenda kerja Kerjasama Eksternal, tidak hanya bertujuan untuk mensejahterakan mahasiswa FEB UNAIR, namun juga memberikan pelajaran dan pengalaman kepada internal BEM FEB UNAIR 2019, khususnya Departemen Hubungan Luar. Dengan adanya agenda Kerjasama Eksternal, merchant dapat mempromosikan merchant mereka pada Instagram dan Official Account LINE BEM FEB UNAIR yang memiliki total pengikut sebesar 21.778  dengan total 12 kali publikasi di feeds dan story Instagram @bemfebunair (per tanggal 18 Agustus 2020). Sedangkan untuk merchant wajib memberikan feedback berupa penawaran seperti potongan harga ataupun bentuk promosi lain yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa aktif FEB UNAIR.

Pelaksanaan agenda Kerjasama Eksternal diawali dengan bertemu karyawan merchant dan meminta informasi contact person marketing dan/atau owner merchant. Setelah itu, penanggung jawab kerjasama eksternal menghubungi contact person dan mengirimkan proposal tawaran kerjasama berupa draft kerjasama, MoU (Memorandum of Understanding), dan promosi penawaran. Akhir dari proses agenda Kerjasama Eksternal adalah penandatanganan MoU secara langsung oleh penanggung jawab agenda kegiatan Kerjasama Eksternal dengan stakeholder merchant. Adapun dalam pelaksanaannya dapat menyesuaikan keadaan, jika situasi tidak memungkinankan penanggung jawab dapat melakukan serangkaian kegiatan pelaksanaan agenda kerja via e-mail.

Mengenai apa yang diharapkan setelah agenda Kerjasama Eksternal ini dilaksanakan, Eva Cipta Laras Kasih selaku penanggung jawab agenda Kerjasama Eksternal, menjelaskan “Departemen Hubungan luar yang berperan sebagai garda terdepan Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UNAIR tidak sekedar hanya ingin menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan merchant, namun penting bagi kami untuk bisa membawa kebermanfaatan secara langsung untuk mahasiswa FEB UNAIR. Kami harap berbagai jenis merchant yang sudah ataupun akan melakukan kerjasama dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa. Agenda kerja ini kami harap tidak hanya sebatas membawa manfaat bagi mahasiswa FEB UNAIR. Namun, kami juga berharap dapat membantu merchant ataupun bisnis kecil di sekitar kampus B Universitas Airlangga dalam memperkenalkan usaha mereka melalui promosi yang dilakukan melalui official account BEM FEB UNAIR, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian daerah maupun nasional.”