fiqih muammalat feb unairAssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh AcSESOR 2024

Dalam memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan, dengan bangga kami dari Divisi Science mengajak seluruh AcSESOR untuk memperluas wawasan dalam konteks ekonomi yang lebih inklusif, adil, dan berkelanjutan dalam salah satu Program Kerja kami yaitu KAFILAH. Topik yang akan dibahas pada KAFILAH kali ini adalah "Penguatan Literasi dan Aktualisasi Wakaf Produktif dalam Mendorong Masyarakat Peduli Wakaf sebagai sarana Pemulihan Ekonomi Umat"

 

Kegiatan ini berhubungan erat dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 1, yaitu Pengentasan Kemiskinan, dimana para AcSESor akan diajak berdiskusi tentang praktik ekonomi yang adil dan berkelanjutan yang dapat memberikan wawasan yang berguna dalam memerangi kemiskinan.
Selain itu KAFILAH juga mendukung pencapain Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Dengan mengkaji kasus-kasus ekonomi melalui perspektif Fiqh Muamalah bisa memberikan wawasan tentang penciptaan lapangan kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Tidak hanya itu KAFILAH juga mendukung pencapain Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 10, yaitu Mengurangi Ketimpangan. Para AcSESor yang dilengkapi dengan pengetahuan ekonomi Islam dan pembahasan kasus-kassus ekonomi melalui lensa keadilan dan kesetaraan, diharapkan dapat mengkritisi fenomena ekonomi yang berkontribusi pada ketimpangan, sehingga memungkinkan untuk menciptakan solusi yang lebih inklusif.
Dan yang terakhir dengan adanya KAFILAH akan menunjang tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Melalui program diskusi dengan berkolaborasi antara berbagai pihak, seperti akademisi, praktisi, dan masyarakat umum, dalam webinar dan seminar ini yaitu salah satu contoh dari pentingnya kemitraan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
Dengan demikian KAFILAH tidak hanya menjadi wadah untuk peningkatan pemahaman tentang ekonomi Islam, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan untuk menganalisis fenomena ekonomi Islam dan konvensional, serta kerja sama antara para AcSESor untuk mencapai pemahaman yang lebih baik dan menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan.

Kajian Fiqh Muamalah ke-1 akan dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Minggu, 19 Mei 2024
Waktu : 08.00 - 12.00 WIB
Tempat : Zoom Meeting

Jika terdapat pertanyaan, silahkan menghubungi
CP: 085748333478 (Zahroh)

#AcSESABHIPRAYA
#KAFILAH2024
#AcSESFEBUNAIR