asrxberkah feb unairBERKAH

“Berkah” merupakan program kerja terbaru divisi Public Relation and Communication berupa memberikan santunan dalam bentuk makanan siap saji kepada masyarakat. Pada kegiatan perdananya ini, “Berkah” mengusung tema berbagi senyum meraih berkah yang dilaksanakan bersamaan dengan AcSES Social Responsibility dan bekerja sama dengan Panti Asuhan Yauma Kalijudan. Kegiatan tersebut nantinya berupa berbagi makanan, santunan, dan juga pengajaran, yang akan dibantu juga oleh panitia dari acara AcSES Social Responsibility untuk pengajarnya. Dimana untuk kegiatan berbagi makanannya tidak hanya di dalam panti asuhan saja, tapi juga untuk masyarakat sekitar panti asuhan.
AcSES Social Responsibility
AcSES Social Responsibility (ASR) adalah salah satu program kerja AcSES yang melakukan penggalangan dana baik eksternal maupun internal. Nantinya hasil donasi akan disalurkan kepada anak jalanan berupa sembako, pengajaran dan makanan. Program kerja “Berkah” yang berkolaborasi dengan ASR juga melakukan santunan kepada masyarakat di sekitar panti. Kegiatan donasi yang dilakukan pada bulan Ramadhan ini tentu akan melipat gandakan pahala kita, harapannya uang yang didonasikan dapat digunakan dengan baik dan membantu dalam meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan anak panti asuhan. Semoga uang yang anda infaqkan dapat menjadi berkah, baik yang berinfaq maupun yang menerimanya.

Dari 2 kegiatan tersebut yang dilakukan secara bersamaan yaitu kegiatan perdana “Berkah” dan ASR di Panti Asuhan Yauma Kalijudan serta masyarakat sekitarnya. Tentunya sebagai bentuk dukungan untuk pelaksanaan SDGs nomor 1, yaitu "Mengakhiri kemiskinan dalam semua bentuk di mana saja" , hal tersebut sejalan dengan sub-acara dari 2 kegiatan “Berkah” dan ASR berupa berbagi makanan dan santunan sembako yang tidak hanya menjangkau anak anak panti tetapi juga masyarakat sekitarnya untuk bantuan ekonomi atau tanpa kemiskinan berkelanjutan.
Selain itu, “Berkah” dan ASR juga ikut berkontribusi dalam SDGs nomor 4, yaitu “pendidikan berkualitas”. Selain memberikan bantuan dan santunan berupa kebutuhan pokok dan makanan, kegiatan ini juga memberikan pengajaran kepada anak panti. Dimana hal tersebut tentunya akan menjangkau bukan hanya anak yang bersekolah, namun juga anak yang belum bisa bersekolah. Tentunya hal itu dapat membantu untuk pendidikan yang berkelanjutan juga.
Terakhir, kegiatan “Berkah” dan ASR yang saling berkolaborasi satu sama lain, begitu juga dengan pihak eksternal yaitu Panti Asuhan Yauma Kalijudan, tentunya mendukung dari adanya SDGs nomor 17, yaitu "Memperkuat aliansi untuk mencapai tujuan bersama". Dengan demikian, kegiatan “Berkah” dan ASR tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada penerima, tetapi juga mendukung upaya global untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.