(FEB NEWS) Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur, menyelenggarakan Talkshow dengan tema "Integrasi Fikih dan Undang-Undang Zakat dalam Pengelolaan ZISWAF" untuk para peserta dari kalangan Amil Zakat di Jawa Timur, Dosen dan Tenaga Pendidik FEB UNAIR beserta mahasiswa S1 S2 dan S3 Ekonomi Islam, (SDG’s 4). Talkshow ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Februari 2024 di Aula Soepoyo, Lantai 3 FEB UNAIR.

Hadir memberikan sambutan, Ketua BPRIN UNAIR – Prof. Dr. Muhamad Nafik Hadi Ryandono, SE., M.Sc., MBA - yang dalam sambutannya menyatakan bahwa "Dompet Dhuafa menjadi awal mula untuk lembaga sosial yang terstruktur untuk ikut serta mendukung pengentasan kemiskinan dari penyaluran dana zakat yang sesuai dengan ketentuan syariah dan pembuka untuk para lembaga zakat lainnya untuk terus maju dan berkembang. Alhamdulillah".

Para narasumber yang menyampaikan materi pentingnya peran integrasi fikih dan undang-undang zakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok untuk para muzakki adalah
1. Prof. Dr. Drs. KH. M. Amin Suma, B.A., S.H., M.A., M.M. (Dewan Syariah Dompet Dhuafa)
2. Dr. Irham Zaki S.Ag, MEI selaku Dosen Departemen Ekonomi Syariah UNAIR dan ahli ZISWAF di UNAIR

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pihak Baznas Jawa Timur dan akademisi Universitas Airlangga serta mahasiswa untuk turut mensupport riset, pengembangan undang-undang, serta pelaksanaan program-program Baznas dalam pengelolaan ZISWAF.
Para peserta dari kalangan Amil Zakat di Jawa Timur juga turut berpartisipasi dalam diskusi pelaksanaan undang-undang dan fikih yang berkaitan dengan ZISWAF.
"Harapannya Baznas Jawa Timur bisa menerapkan secara maksimal undang-undang dan fikih yang sesuai dalam meningkatkan pengelolaan ZISWAF khususnya zakat untuk peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para Muzakki", kata Pak peserta talkshow.

Kegiatan Talkshow yang merupakan Kerjasama Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR dengan Dompet Dhuafa ini, menjadi sebuah langkah konkrit yang relevan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui pertemuan ini, para narasumber Prof. Dr. Drs. KH. M. Amin Suma, B.A., S.H., M.A., M.M. (Dewan Syariah Dompet Dhuafa) beserta Dr. Irham Zaki S.Ag, MEI selaku Dosen Departemen Ekonomi Syariah UNAIR dan ahli ZISWAF di UNAIR, telah menggarisbawahi pentingnya peran Dompet Dhuafa dalam penyaluran yang relevan sesuai dengan fikih dan undang-undang untuk pemenuhan kebutuhan pokok umat, yang sejalan dengan SDGs, terutama target 1.2 dan 8.1 yang menargetkan akses bagi semua orang untuk setidaknya tingkat kemiskinan berkurang 50% pada tahun 2030 serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui penyaluran dana zakat yang lebih produktif kedepannya. Dalam mengajak partisipasi para peserta dari kalangan Pengajar, Praktisi, maupun Mahasiswa, Dompet Dhuafa juga turut mendukung inclusivity dan keadilan sosial, mendukung SDGs 1 dan 8. Harapannya, melalui upaya kolaboratif seperti ini, Dompet Dhuafa & FEB UNAIR dapat membuka akses bagi seluruh lapisan masyarakat (lembaga amil, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa juga keluarga) untuk ikut serta mengawasi penyaluran dana zakat yang tepat guna sesuai syariah, sekaligus berkontribusi pada pencapaian target-target SDGs secara holistik.

Beberapa contoh hashtag yang bisa dibuat dari berita tersebut:

#integrasifikihdanundangundangzakat
#pengelolaanziswaf
#talkshowzakatunair
#dompetdhuafa
#kemiskinanberkurang
#peningkatanekonomi
#inclusivity
#keadilansosial
#mahasiswaunair
#danazakatsyaria
#bprinunair
#baznasjawatimur
#febunair
#ekisfebunair
#sinergidenganhati
#febsatuunairhebat
#excellencewithmoralityuntukindonesia
#sdgs1,4,8