today news feb unair 2024(FEB NEWS) Selasa, 9 Januari 2024 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bersama Lincoln University - New Zealand dalam rangka memperkenalkan potensi rumput laut kepada mahasiswa asing. Dalam program Student Inbound-Full Time 2024, sembilan mahasiswa Lincoln University beserta Dekan dari Faculty of Agribusiness and Commerce menjalani dua minggu berfokus pada topik Ketahanan Pangan, Keberlanjutan, dan Keuangan Islam di Kampus B, FEB UNAIR.

 

Tujuan kunjungan ini bukan hanya untuk memperkuat hubungan antar-kampus, melainkan juga sebagai bagian dari upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, mengambil tajuk "International Community Development: Food Security and Sustainability of Seaweed Production." FEB UNAIR dan Lincoln University berkolaborasi dalam penanaman rumput laut dengan petani lokal, memberikan informasi tentang langkah-langkah nyata untuk mencapai ketahanan pangan berkelanjutan dengan memanfaatkan rumput laut sebagai sumber daya kelautan dan samudra untuk pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan pengmas ini menjadi wujud nyata dari komitmen FEB UNAIR dan Lincoln University dalam mencapai tujuan SDGs, khususnya SDGs 1 (Pengentasan Kemiskinan), SDGs 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), SDGs 14 (Ekosistem Laut), dan SDGs 17 (Kemitraan untuk mencapai tujuan).

Menanggulangi Krisis Petani Melalui Rumput Laut

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sumber-sumber lokal di Jawa Timur, kegiatan Pengmas ini dilakukan sebagai respons terhadap krisis yang dihadapi petani rumput laut di Kecamatan Bluto. Salah satu permasalahan utama adalah keterlambatan pembayaran saat panen dan penjualan rumput laut. Seorang petani menyatakan, "Saat gagal panen itu sudah biasa dan bisa diatasi, tapi kalau petani atau pengepul yang tidak dibayar, roda perekonomian masyarakat akan lumpuh."

Meskipun potensi laut di pantai Madura, khususnya di Sumenep, sangat melimpah dengan sumber daya laut yang beragam, seperti rumput laut, petani masih menghadapi tantangan dalam pemasaran dan pembayaran hasil panen. Oleh karena itu, kehadiran FEB UNAIR dan Lincoln University di Kecamatan Bluto diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dengan berbagi informasi mengenai tata cara budidaya rumput laut, pemasaran dan strategi bisnis yang efektif.

Pengmas internasional ini di Desa Lobuk menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa asing dan lokal untuk bertukar pengetahuan tentang penggunaan bibit berkualitas dan upaya penanganan faktor-faktor yang dapat menghambat keberhasilan dalam budidaya rumput laut. Melalui inisiatif ini, diharapkan masyarakat pesisir dapat memperoleh manfaat nyata dalam meningkatkan produksi rumput laut, mendukung ketahanan pangan, dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

#sinergiinternasional
#pengabdianmasyarakat
#petanirumputlaut
#economicsforchange
#sustainabledevelopmentgoals
#rumputlautuntukkesejahteraan
#lincolnuniversitynewzealand
#departemenmanajemenfebunair
#departemenakuntansifebunair
#departemenilmuekonomifebunair
#departemenekonomisyariahfebunair
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#universitasiarlangga
#smartuniversity
#smartfaculty
#sinergidenganhatiuntukibupertiwi
#excellencewithmoralityuntukindonesia