KITA PEDULI BEM FEB UNAIR(FEB NEWS) Isu diskriminasi dan eksklusivitas telah lama menjadi salah satu permasalahan utama dalam tatanan sosial masyarakat. Tak hanya itu, pemenuhan hak dan fasilitas yang diperlukan publik pun tak jarang masih terkendala, terutama bagi para penyandang disabilitas. Seringkali kita melihat, para penyandang disabilitas menerima skeptis negatif dari masyarakat awam yang dikhawatirkan dapat membuat mereka kian tersisihkan.

Berdasarkan problematika tersebut, serta dilandasi oleh poin pengabdian masyarakat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR mencetuskan program kerja “Kita Peduli” yang pada tahun ini mengusung tema “Unity in Diversity”. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi tonggak inisiator dalam meningkatkan awaraness masyarakat, terutama mahasiswa, untuk dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua orang, termasuk penyandang disabilitas.

Program kerja “Kita Peduli” 2023 telah memulai perjalanannya sejak bulan September melalui Pre-Event 1 (Kunjungan ke Yayasan Ananda Mutiara Indonesia), Pre Event 2 (Pelaksanaan Kelas Bahasa Isyarat Berkolaborasi dengan Komunitas TIBA Surabaya), dan Pre-Event 3 (Podcast Kolaborasi dengan Komunitas Mata Hati). Dalam rangka menutup seluruh rangkaian acara dan untaian harapan, Main Event “Kita Peduli” 2023 pun diselenggarakan di Amphitheater Kampus B Universitas Airlangga, pada tanggal 8 November 2023.

Pada puncak acara ini, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR berkolaborasi dengan Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) dan Komunitas Mata Hati untuk menampilkan berbagai karya dan talenta yang dimiliki para anggota komunitas, mulai dari Tari Remo, Tari Kolosal, Band, hingga Fashion Show yang terselenggara secara meriah. Tak hanya itu, terdapat juga bazaar yang dipenuhi tenant para mahasiswa wirausaha FEB, pameran lukisan dari Edo (salah satu anggota Y-AMI), serta Workshop Live Painting. Agenda ini dipenuhi oleh ratusan pengunjung hingga malam tiba. Tak lupa, jajaran pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga pun menghadiri acara ini, yaitu Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., CMA., CA. selaku Dekan FEB UNAIR, Dr. Wisnu Wibowo, SE.,M.Si. selalu Wakil Dekan I FEB, Hedy Diah Syahputri, S.Ikom. selaku Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan FEB, dan masih banyak lagi.

Dalam rangka mendukung pemberdayaan teman-teman penyandang disabilitas, “Kita Peduli” 2023 telah berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp4.000.000 yang seluruhnya didonasikan kepada Komunitas Y-AMI dan Komunitas Mata Hati.

Program kerja ini turut menjadi salah satu respon aktif dari Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR untuk mewujudkan poin-poin Sustainable Development Goals (SDGs), diantaranya poin 1 (No Poverty), poin 4 (Quality Education), dan poin 10 (Reduced Inequalities). Semoga dengan dilaksanakannya “Kita Peduli” 2023 dapat menginspirasi masyarakat untuk terus berupaya mengikis jurang diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas.

Kita Peduli 2023, Unity in Diversity!
FEB Satu,
UNAIR Hebat!

#kitapeduli2023
#pengmasbemfebunair
#unityindiversity
#bemfebunair
#febunair
#smartfaculty
#smartuniversity
#febsatuunairhebat
#excellencewithmoralityuntukindonesia
#SDGs1,4,10,17