nsec50 feb unair

nsec50 feb unair1

National Sharia Economic Competition (NSEC) merupakan kegiatan rutin tahunan dari KSEI FRESH UIN Raden Mas Said Surakarta. NSEC adalah kegiatan perlombaan tingkat nasional terkait ekonomi Islam bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. NSEC terdiri dari tiga cabang lomba, yaitu: Olimpiade Ekonomi Islam, Esai, dan Poster. Peserta dari NSEC tersebar dari berbagai perguruan tinggi, di antaranya: Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, dan lain-lain. NSEC tahun ini membawa tema tentang “Peran Ekonom Rabbani dalam Mewujudkan Digitalisasi Ekonomi Syariah secara Inklusif”.
NSEC dilaksanakan dalam beberapa tahap. Pada tahap penyisihan, dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Quizizz dengan mengerjakan soal individu. Pada tahap semifinal, dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dengan skema Cerdas Cermat. Pada tahap final, dilakukan secara luring di kampus UIN Raden Mas Said Surakarta pada tanggal 26-27 September 2023 dengan mengerjakan studi kasus.
Mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut adalah dari Tim Scientia yang beranggotakan: Diaz Tulus Anandri (042111433099), Mutiara Rahma Cahyani Warli (144221104), dan Desiyanti Sagita Rachmahdewi (144221181). Tim ini lolos dari tahap penyisihan, semifinal, hingga final. Meski pada awalnya menggunakan dana pribadi, tetapi tidak mengecilkan semangat berjuang tim ini.
Kegiatan ini tentu juga mendukung Universitas Airlangga beserta para Ksatria Airlangga dalam mempromosikan Sustainable Development Goals (SDGs). Di antara 17 SDGs yang ada, kegiatan ini berperan dalam SDGs berikut: SDGs 4 - Pendidikan Berkualitas, SDGs 5 - Kesetaraan Gender, dan SDGs 17 - Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. SDGs 4 - Pendidikan Berkualitas implementasikan karena di kegiatan ini saling bersinergi dalam berkarya dan bertukar gagasan demi kemajuan ekonomi Islam. SDGs 5 - Kesetaraan Gender diaplikasikan karena dalam kegiatan ini juga sangat melibatkan perbedaan gender dan tidak ada diskriminasi sedikitpun, semuanya setara dan saling membantu. SDGs 17 - Kemitraan untuk Mencapai Tujuan ada dalam kegiatan ini karena perlu adanya kerja sama antar pihak agar kegiatan ini berjalan dan menghasilkan dampak yang positif bagi Indonesia dan dunia.