pengmas bem feb unair(FEB NEWS) Setiap orang berhak untuk memperoleh kesetaraan dan akses dalam seluruh bidang kehidupan, tidak terkecuali saudara-saudara kita para penyandang disabilitas. Semangat penegakan hak bagi para penyandang disabilitas menjadi pemantik inisiasi Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB UNAIR melalui Program Kerja Kita Peduli 2023 untuk menyelenggarakan kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam upaya menciptakan masyarakat inklusi bagi para penyandang disabilitas.

Pada tanggal 13 September 2023, bertempat di Aula Mindrowo Lantai 3 Gedung FEB UNAIR, Kita Peduli telah sukses melaksanakan Pre-Event kedua mereka melalui kelas pelatihan bahasa isyarat bertajuk “Kelas Sunyi”. Dalam kesempatan kali ini PENGMAS BEM FEB UNAIR berkolaborasi dengan Komunitas TIBA (Tim Bisindo dan Aksesibilitas) Surabaya, sebuah komunitas yang aktif mengadakan kelas pelatihan bahasa isyarat dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mempelajari bahasa isyarat agar dapat berkomunikasi dengan Teman Tuli. Narasumber yang sekaligus menjadi mentor dalam Kelas Sunyi kali ini adalah Bapak Ika Irawan selaku Ketua Komunitas TIBA Surabaya.

Rangkaian kegiatan dibuka dengan sambutan dari Zefanya Dante selaku Ketua Kita Peduli 2023, dilanjutkan dengan sambutan dari Hafizhun Shadiq selaku Presiden BEM FEB UNAIR 2023. Memasuki puncak acara yaitu sesi presentasi dari Bapak Ika Irawan yang menjelaskan latar belakang dan konsep dari Budaya Tuli. Tidak hanya sebatas teori, Bapak Ika Irawan pun turun tangan langsung dalam mengajarkan beberapa bentuk bahasa isyarat dasar untuk berkomunikasi.

Kelas Sunyi dengan semangat “Unity in Diversity” ini diharapkan dapat menjadi pijakan awal bagi PENGMAS BEM FEB UNAIR untuk semakin menyebarkan awaraness terkait Budaya Tuli agar Teman Tuli dapat beraktivitas dan berinteraksi dengan lebih nyaman tanpa perlu mengalami diskriminasi.
#pengmasbemfebunair
#kitapeduli2023
#kelassunyi
#bahasaisyarat
#komunitastibasurabaya
#unityindiversity
#aksesibilitas
#kesetaraandisabilitas
#febunair
#sinergidenganhati
#excellencewithmorality