PEMBEKALAN KKN FEB UNAIR(FEB NEWS) Jumat, 29 Septemebr 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) menyelenggarakan acara Pembekalan KKN Belajar Bersama Komunitas (BBK) dengan Tema “Membangun BUMDES Menuju Desa Mandiri” untuk sekitar 27 orang mahasiswa-mahasiswi semester 5 dan 7 FEB UNAIR dengan menghadirkan pembicara : Dr. (Can) Rian Pramana Suwanda, S.STP., MHP., CHRMP - Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa DPMD; Nur Syamsi, SE., MM., MSA., Ak., CA - Kabid Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) BAPPEDA Gresik; Sulistya Rusgianto, S.E., MIF. – Sekretaris Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR; dan Dr. Erina Sudaryati, Dra., MS., Ak., CA., CMA - Wakil Ketua PKRI FEB UNAIR.

Kegiatan KKN yang ditujukan untuk membangun BUMDES Menuju Desa Mandiri, harapannya melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi kemiskinan di tingkat desa dengan membantu membangun BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) dan meningkatkan potensi ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Dengan membantu membangun BUMDES, artinya juga turut membantu menciptakan pekerjaan lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di desa-desa, yang sesuai dengan target SDG 8, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
Dengan memberikan peluang bagi masyarakat desa untuk terlibat dalam BUMDES, tentunya akan membantu mengurangi ketidaksetaraan sosial dan ekonomi di wilayah tersebut. Itu artinya kegiatan ini bisa juga sebagai dukungan kami untuk SDG’s ke-10, Ketidaksetaraan
Apabila Desa tersebut bisa menjadi desa yang mandiri maka akan dapat berkontribusi pada pencapaian kota dan permukiman yang berkelanjutan dengan meningkatkan kualitas hidup dan infrastruktur desa.
Bentuk Kemitraan antara Akademisi dan Pemerintah Daerah dan komunitas desa untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Adalah wujud dukungan kami untuk SDg’s 17.
upaya monitoring dan evaluasi progres dari kegiatan KKN ini tentunya juga penting untuk selalu dipastikan ke depannya agar upaya yang dilakukan menghasilkan perubahan yang diinginkan dalam hal pembangunan berkelanjutan di tingkat desa.

 

#kknfebunair
#bumdesdesamandiri
#pembangunanberkelanjutan
#akademisipemerintahkomunitas
#mengurangikemiskinan
#pekerjaanlayak
#ketidaksetaraansosialekonomi
#infrastrukturdesa
#evaluasiprogreskkn
#febsatuunairhebat
#excellencewithmorality
#sdg8
#sdg10
#sdg17