TALKSHOW FEB UNAIR TAPERA(FEB NEWS) Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair bekerjasama dengan BP Tapera, menyelenggarakan Talkshow dengan tema "Peran Tapera dalam Mendukung Pembiayaan Perumahan bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah Berdasarkan Prinsip Syariah". Talkshow ini dilaksanakan pada hari Senin, 18 Desember 2023 di Aula Fajar Notonegoro FEB Unair.

Acara ini dihadiri oleh IAEI Jawa Timur, dosen dan tenaga pendidik FEB Unair beserta mahasiswa S1 S2 dan S3 Ekonomi Islam.

Hadir memberikan sambutan, Wakil Dekan II FEB UNAIR – Prof. Dr. Nisful Laila, dan Drs. Adi Setianto, MBA - Komisioner BP Tapera (Alumni D3 FEB UNAIR), yang dalam sambutannya menyatakan bahwa "Gedung FEB sangat megah dan indah. Saya pangling. Berbeda dengan 40 tahun lalu ketika saya kuliah disini, ini artinya UNAIR terus maju dan berkembang. Alhamdulillah".

 

Para narasumber yang menyampaikan materi pentingnya peran Tapera dalam pemenuhan kebutuhan pokok ummat adalah
1. Prof. Dr. Raditya Sukmana, SE., M.A. - Ketua Program Studi S3 Departemen Ekonomi Syariah Universitas Airlangga
2. Prof. Dr. Ir. H. M. Nadratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec. - Ketua DPS BP Tapera
3. Ariev Baginda Siregar, M.B.A. - Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pihak IAEI Jawa Timur dan akademisi Universitas Airlangga untuk turut mensupport riset, pengembangan, serta pelaksanaan program program BP Tapera.
BP Tapera juga mengundang para peserta dari kalangan MBR untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan rumah yg nyaman dan sesuai syariah.

"Harapannya Tapera benar2 bisa membuka akses para seluruh lapisan masyarakat untuk memiliki rumah yg nyaman dan layak huni", kata Pak Dian Berkah peserta talkshow.

Kegiatan Talkshow yang diselenggarakan oleh Departemen Ekonomi Syariah FEB Unair bekerja sama dengan BP Tapera menjadi sebuah langkah konkrit yang relevan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui pertemuan ini, para narasumber seperti Prof. Dr. Raditya Sukmana, SE., M.A., Prof. Dr. Ir. H. M. Nadratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec., dan Ariev Baginda Siregar, M.B.A., telah menggarisbawahi pentingnya peran Tapera dalam pemenuhan kebutuhan pokok umat, yang sejalan dengan SDGs, terutama target 11.1 yang menargetkan akses bagi semua orang untuk memiliki rumah yang aman, layak, dan terjangkau pada tahun 2030. Dalam mengajak partisipasi para peserta dari kalangan MBR (Masyarakat Berpendapatan Rendah), BP Tapera juga turut mendukung inclusivity dan keadilan sosial, mendukung SDGs 1 dan 10. Harapannya, melalui upaya kolaboratif seperti ini, Tapera & FEB UNAIR dapat membuka akses bagi seluruh lapisan masyarakat (dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa juga keluarga) untuk memiliki rumah yang nyaman, sesuai syariah, sekaligus berkontribusi pada pencapaian target-target SDGs secara holistik.

 

#talkshow
#departemenekis
#bptapera
#perumahansyariah
#pembiayaanrumahsyariah
#departemenekonomisyariahfebunair
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#universitasairlangga
#smartfaculty
#smartuniversity
#excelencewithmoralityuntukindonesia