JUARA 1 DUTA UNAIR 2023 FEB UNAIR

(FEB NEWS) SELAMAT & SUKSES
Komang Putri Widya Pratiwi (Ekonomi Pembangunan 2021)
Duta Universitas Airlangga 2023

Pemilihan Duta Universitas Airlangga 2023

Meraih juara dalam 4 tahun berturut-turut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis tetap bersinar!


Kamis, 7 Desember 2023 telah dilaksanakan Grand Final Pemilihan Duta Universitas Airlangga 2023 pada Ternate Hall ASEEC Tower, Kampus B Unair.
Dan Ya, sekali lagi, Duta Universitas Ailrangga, Tahun 2023 jatuh ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga
Juara 1 Putra Duta Unair 2019 - Jeremia Singgih (Progran Studi Manajemen 2018)
Juara 1 Putra Duta Unair 2021 - Made Bagus Tutuan Andika Kaya (Prodi Akuntansi FEB UNAIR2019)
Juara 1 Putra Duta Unair 2022 - Farrel Christian Tomo (Prodi Manajemen FEB UNAIR 2020)
Juara 1 Putri Duta Unair 2023 - Komang Putri Widya Pratiwi (Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNAIR 2021), dan hanya di tahun 2020 tidak diselenggarakan pemilihan dikarnakan wabah covid 19.

Komang Putri Widya Pratiwi, mahasiswi program studi Ekonomi Pembangunan 2021 berhasil meraih Juara 1 Putri Pemilihan Duta Universitas Airlangga 2023. Mahasiswi kelahiran Provinsi Bali mampu menunjukan kembali penampilan terbaiknya!

Sebelum dinyatakan sebagai juara, Putri Widya panggilan akrabnya, cukup sering dijumpai pada kesempatan menjadi Master of Ceremony, Moderator, dan Speaker pada kegiatan kampus. Tak hanya memantapkan diri di bidang akademik, prestasi yang diraih di bidang non-akademik pun telihat yakni 1st Winner Duta Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2021 dan Winner Best of Product Distributor pada FEB Awards 2021. Bahkan, ia merupakan sosok yang aktif mengikuti kegiatan mahasiswa seperti bergabung pada kabinet Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UNAIR dan Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Hindu Dharma.

Mengikuti Pemilihan Duta Universitas Airlangga memang sudah menjadi impiannya sejak tahun 2022. Namun rasa ragu masih menyelimuti pikiran dan memutuskan untuk menunda keikutsertaan saat itu. Berbeda hal nya dengan tahun 2023, kesibukan mengikuti kegiatan MSIB tak menutupi langkahnya untuk memantapkan diri turut serta dalam Pemilihan Duta Unair. Putri Widya berkata “Jika kita tidak berani mencobanya, kita tidak tahu akan hasilnya”.

Kegiatan Pemilihan Duta Universitas Airlangga 2023 memiliki rangkaian yang cukup panjang sejak bulan Oktober. Mulai pada seleksi pertama yakni berkas administrasi, focus group discussion, dan tes tulis. Kemudian dari 54 peserta ditetapkan 30 semifinalis Duta Universitas Airlangga 2023. Persaingan pun semakin ketat, karena semifinalis akan memasuki seleksi kedua dengan pertunjukkan bakat, presentation test, dan interview. Sehingga dari seluruh rangkaian seleksi menghasilkan 18 Finalis Duta Universitas Airlangga 2023. Terdapat 2 mahasiswa FEB UNAIR yang terpilih finalis yakni Muhammad Rifki Ivan Alfizar (Ekonomi Islam 2022) dan Komang Putri Widya Pratiwi (Ekonomi Pembangunan 2021).
Tak hanya itu, para finalis harus mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan karantina. Pada tahun 2023, karantina dilakukan sebanyak 3 kali. Berbagai materi mulai dari kelas kedutaan, public speaking, catwalk, beauty and grooming class, protokoler, BEM UNAIR, paguyuban, serta Airlangga Global Angagement (AGE). Sebelum memasuki grand final, para finalis dipertemukan dengan para juri untuk perkenalan dan interview.


Kamis, 7 Desember 2023 tepat pada Ternate Hall ASEEC Tower, Kampus B UNAIR ramai akan penyelenggaraan acara Grand Final Pemilihan Duta Universitas Airlangga 2023. Acara dihadiri oleh dosen, dewan juri, Cak dan Ning Surabaya, duta universitas di Jawa Timur, duta fakultas UNAIR, orang tua finalis, serta mahasiswa yang ikut mendukung fakultas masing-masing. Penyisihan dilakukan bertahap mulai dari speech berpasangan topik SDGs dan Focus Group Discussion untuk top 5. Semakin malam, persaingan pun semakin ketat karena top 3 finalis diberikan QnA dengan menggunakan bahasa inggris.
Sehingga setelah mengikuti rangkaian acara, diumumkanlah 6 pemenang Duta Universitas Airlangga 2023. Juara 1 Duta Universitas Airlangga kembali diraih oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan kategori Putri oleh Komang Putri Widya Pratiwi. Prestasi yang sungguh membanggakan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Putri Widya pun memberikan tips yang telah ia lakukan yakni “Hanya diri sendiri lah yang tahu akan potensi diri, tak perlu melihat rumput tetangga yang mungkin lebih hijau. Tetap percaya diri, tampilkan yang terbaik, karena hasil tidak akan menghianati usaha!”