ojk mengajar(FEB NEWS) Jumat, 27 Oktober 2023 - Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (FEB UNAIR) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menjalin kerjasama yang erat dalam menyelenggarakan Webinar "OJK Mengajar”, yang terbuka untuk umum, guna memberikan pemahaman dan literasi keuangan kepada masyarakat, terutama Generasi Milenial, agar mereka dapat membuat keputusan keuangan yang bijak dalam era digital yang berkembang pesat.

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin., selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Universitas Airlangga (UNAIR), dan memberikan sambutan dengan penuh semangat. Prof. Dr. Muhammad Madyan menyatakan bangga bahwa FEB UNAIR bisa menjadi tuan rumah dalam acara ini, dan berterima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah berkolaborasi dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana digitalisasi merubah lanskap pembiayaan di era sekarang ini.

Lebih lanjut Prof. Dr. Madyan, menjelaskan bahwa “Pembiayaan digital sangat penting di era digital saat ini karena dapat mempermudah akses dan transaksi keuangan secara online. Pembiayaan digital yang aman dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi online. Selain itu, pembiayaan digital dapat mempermudah untuk membuat laporan penjualan, mengetahui detail pelanggan, void hingga refund. Dalam era digital, akses cepat dan mudah ke pinjaman melalui platform online telah menjadi kenyataan. Pembiayaan digital juga dapat meningkatkan ekonomi secara makro. Di samping membawa peluang yang dapat dimanfaatkan oleh industri perbankan, transformasi digital memunculkan tantangan yang perlu diwaspadai”.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur - Bapak Giri Tribroto; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Prof. Dian Agustia S.E. M.Si.; Wakil Dekan I FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak.,CMA., CA.; Ketua Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR – Prof. Dr. Sri Herianingrum, S.E.,M.Si.; Ketua Departemen Akuntansi FEB UNAIR - Dr. Wiwik Supratiwi, Dra., MBA.,Ak.; Ketua Departemen Manajemen FEB UNAIR – Dr. Gancar Candra Premananto; dosen, mahasiswa dan peserta umum.

Dalam webinar tersebut, hadir dua narasumber utama, yang sangat berkompeten dalam bidang keuangan. Narasumber pertaman Bapak Agusman, yang menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya di OJK, berbagi wawasan mengenai peran OJK dalam mengawasi dan mengatur sektor keuangan di Indonesia, Pengenalan tentang PVML dan Perusahaan Pembiayaan. Narasumber kedua, Bapak Suwandi Wiratno, yang merupakan Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), memberikan perspektif industri terkait pembiayaan dan peran perusahaan pembiayaan dalam memberikan akses keuangan kepada masyarakat.
Acara webinar ini diselenggarakan secara hybrid, menggabungkan peserta yang mengikuti secara online dan offline. Lebih dari 150 mahasiswa hadir secara fisik di Aula Fadjar Notnagoro, Lantai 2 FEB UNAIR, sementara sekitar lebih dari 200 mahasiswa lainnya mengikuti acara secara daring melalui platform khusus.
Hal ini memungkinkan penyebaran ilmu dan literasi keuangan kepada berbagai kalangan masyarakat, termasuk mereka yang berada di luar Surabaya.
Dengan kolaborasi antara Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dan OJK, diharapkan bahwa Acara ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Generasi Milenial dan masyarakat umum tentang bagaimana menggunakan akses pendanaan secara bijak dalam era digital yang terus berkembang. Ini merupakan langkah penting menuju peningkatan sumber daya keuangan masyarakat Indonesia dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

#ojkmengajar
#febunair&ojk
#sinergidenganhati
#kolaborasiuntuknegeri
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#smartfaculty
#smartuniversity
#febsatuunairhebat
#excellencewithmorality
#SDGs4