(WORKSHOP 3P FEB UNAIR 2FEB NEWS) Senin, 14 Agustus 2023 (13.00 - 15.00 WIB), Pusat Penelitian dan Publikasi (3P) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), menyelenggarakan kegiatan Workshop bertajuk "Behavioral Finance: Over-indebtedness in Consumer Credit", dengan pembicara dari Dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Ana Noveria, SE., MBA., Ph.D.

 

Sesi workshop ini mengangkat isu over-indebtedness yang didasari pada fenomena semakin maraknya Pinjol dan terbuka lebarnya akses kredit untuk berbagai lapisan masyarakat, yang menyebabkan semakin banyak masyarakat mengambil kredit melebihi batas kemampuan finansialnya dan berakhir dengan financial distress.

Ana Noveria, mencoba menjelaskan dan mengkaji over-Indebtedness tersebut melalui perspektif Behavioral Finance, dimana terdapat 2 faktor utama yang dapat menjadi penjelasan atas keputusan finansial dan perilaku keuangan yang irasional tersebut, yaitu: Behavioral Biases dan Cognitive Biases. Adapun untuk mengatasi isu over-indebtedness tersebut, Ana Noveria, menekankan pentingnya Literasi Keuangan dan peran Behavioral Nudges.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dari Ruang 204, Lantai FEB UNAIR, dan dihadiri oleh Dosen lintas Fakultas dan Mahasiswa lintas Departemen di berbagai level (S1-S3).

Workshop diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang sangat interaktif dan menarik, dengan antusiasme peserta yang sangat tinggi, sebelum kemudian ditutup dengan sesi pemberian cinderamata dan sertifikat oleh Wakil Dekan II FEB UNAIR - Dr. Nisful Laila.

Salam dari kami Ksatria Airlangga,
Bersinergi dengan hati untuk Ibu Pertiwi

#workshopbehavioralfinanceover-indebtednessinconsumercredit
#pusatpenelitiandanpublikasifebunair
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#universitasairlangga
#smartfaculty
#smartuniversity
#febsatu
#unairhebat
#excellencewithmoralityuntukindonesia
#sdg’s4