feb unair dept pengabdian(FEB NEWS) Euforia masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Adha terlihat sangat jelas beberapa hari lalu. Sebagian besar orang terlibat dalam rangkaian acara mulai dari ibadah hingga distribusi daging hasil pemotongan hewan Qurban, yang sudah menjadi tradisi menahun. Namun, kenyataan pahit yang perlu kita sadari bersama, tidak semua lapisan masyarakat dapat menikmati hal tersebut. Fakta inilah yang kemudian melatarbelakangi Departemen Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga bekerjasama dengan Amira Bilqis, dan Waniparti, untuk menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Berkah Qurban Bina Abdi Desa 2023” yang berlokasi di Desa Tunjung, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, pada tanggal 30 Juni 2023.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, masyarakat Desa Tunjung hampir tidak pernah mendapatkan sponsor atau bantuan untuk memperoleh hewan Qurban, sehingga seringkali hasil pemotongan tidak dapat terdistribusi secara merata karena jumlahnya yang hanya sedikit. Desa ini memang memiliki letak geografis yang kurang strategis, terpelosok, jauh, dan akses yang sulit jika dibandingkan dengan desa lain di kecamatan yang sama.

Dalam rangka mewujudkan mimpi masyarakat Desa Tunjung untuk dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan hewan Qurban yang mencukupi, melalui Program Kerja Bina Abdi Desa 2023, Departemen PENGMAS BEM FEB, bekerja sama dengan Yayasan Amira Bilqis, membuka donasi bagi masyarakat umum yang berkenan menyisihkan rezekinya untuk membeli hewan Qurban yang nantinya seluruhnya akan diberikan kepada masyarakat Desa Tunjung. Tidak lupa, Departemen PENGMAS BEM FEB juga berkolaborasi dengan Waniparti, komunitas anak muda asli Lumajang, untuk menyokong kebutuhan dokumentasi dan publikasi.

feb unair dept pengabdian cover1Setelah satu bulan membuka donasi, kolaborasi yang diinisiasi oleh BEM FEB ini berhasil mengumpulkan 2 (dua) ekor sapi dan 7 (tujuh) ekor kambing, serta uang tunai sejumlah Rp1.100.000, yang dialokasikan untuk memberikan bantuan dana kepada warga yang membantu proses penyembelihan hewan Qurban. Per tanggal 30 Juni 2023, seluruh hewan Qurban telah tiba di Desa Tunjung dan segera dilakukan pemotongan. Tak lama setelah itu, proses distribusi kepada warga desa pun dilakukan. Berdasarkan pendataan, lebih dari 300 (tiga ratus) KK di Desa Tunjung telah menerima bagian dari hewan Qurban tersebut secara merata.

Kegiatan “Berkah Qurban Bina Abdi Desa 2023” yang menjadi hasil kolaborasi cantik antara Departemen PENGMAS BEM FEB UNAIR, Amira Bilqis, dan Waniparti ini, tidak lepas dari tujuan untuk mengimplementasikan poin SDGs yang memiliki peran krusial dalam pembangunan masyarakat yang lebih baik dan komprehensif. Poin SDGs yang ditargetkan dalam kegiatan ini, terutama pada poin SDG 1 (No Poverty) dan SDG 2 (Zero Hunger). Semoga kedepannya kerja sama dengan visi dan misi yang mengedepankan kemanusiaan dan kesejahteraan semakin gencar dilakukan, demi perkembangan peradaban yang lebih baik.

Bina Abdi Desa 2023, #ZerotoOne
PENGMAS BEM FEB, #WaniSoro
FEB SATU, UNAIR HEBAT!