bincang santai feb unair 2023(FEB NEWS) Pada hari Selasa, tertanggal 24 Mei 2023, Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FEB UNAIR telah sukses menyelenggarakan acara Bincang Santai Intelektual yang merupakan diskusi terbuka mengenai isu ekonomi dan sosial yang sedang hangat belakangan ini. Acara ini diadakan di Aula Graha Krida Mahasiswa FEB UNAIR dan bersifat terbuka sehingga siapapun bisa datang ke acara ini, sekalipun bukan mahasiswa FEB UNAIR.

Bincang Santai Intelektual kali ini mengangkat tema “Kebijakan BRICS: Apakah Dolar Akan Hilang Dari Indonesia?” dan menghadirkan empat narasumber yang diharapkan akan memberikan sudut pandang masing-masing terkait isu yang diangkat. Narasumber yang hadir adalah Gigih Prihantono, S.E.,M.SE. yang merupakan Dosen FEB UNAIR sekaligus Pengamat Ekonomi; Probo Darono Yakti, S.Hub.Int.,M.Hub.Int. yang merupakan Dosen FISIP UNAIR sekaligus Pengamat Isu Geopolitik; H. M. Ali Affandi La Nyalla, M.M.,S.M.,M.MT. yang merupakan ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Surabaya; serta Petrus Endria Effendhi selaku Asisten Direktur Bank Indonesia KPw Jawa Timur.

bincang santai feb unair 2023 1Diskusi dibuka oleh moderator–Afrizal Naufal Ghani, selaku Kepala Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FEB UNAIR–dengan menceritakan bagaimana negara adidaya Amerika Serikat kini sudah mulai kehilangan pamornya, diikuti dengan kemunculan kekuatan regional BRICS–terdiri atas Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan–yang ditengarai akan mampu menggeser hegemoni Amerika Serikat.

Di tengah berlangsungnya forum, Bapak Ali Affandi sempat memberikan sedikit pemantik diskusi mengenai BRICS itu sendiri. Beliau berinteraksi dengan peserta yang hadir di AULA GKM siang hari itu dengan melempar pertanyaan, “Gabungan kekuatan mana yang akan bertahan, G7 atau BRICS?” Dari pertanyaan tersebut, Bapak Ali Affandi juga menyampaikan bahwa beliau mengharapkan agar kedepannya mahasiswa menjadi paham mengenai BRICS dan mengerti tentang apa yang bisa diharapkan oleh mahasiswa kepada BRICS kedepannya.

#bincangsantaiintelektual
#kebijakanbrics
#departemenkajiandanaksistrategisbemfeb unair
#febunair
#fakultasekonomidanbisniunair
#unair
#universitasairlangga
#sinergidenganhati
#smartfaculty
#smartuniversity
#excellencewithmoralityuntukindonesia
#sdg’s4,17