achieving sustainable(FEB NEWS) Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc., beberapa waktu lalu (19/05/2023) mengisi guest lecture di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga pada acara Student Mobility Program bersama National University of Singapore (NUS). Membawakan topik bertemakan “Achieving Sustainable Development Goals through Leadership from Government Perspective”, Dr. Emil Dardak bersama dengan Sulistya Rusgianto, S.E., MIF. sebagai moderator berhasil meraih atensi audiens dengan materi yang disampaikan.

achieving sustainable1Untuk mengawali pembahasan, wakil gubernur lulusan Ritsumeikan University ini membeberkan fakta bahwa Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia dan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, sehingga menjadikan Surabaya sebagai pusat perkotaan yang memiliki kontribusi signifikan terhadap Jawa Timur, terlebih di bidang ekonomi. Namun, Dr. Emil Dardak juga menyampaikan bahwa terlepas dari large economy yang dimiliki oleh Jawa Timur, terdapat perbedaan signifikan pada wealth distribution, sehingga masih terdapat banyak kesenjangan masyarakat di bidang tersebut. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi pemerintah Jawa Timur untuk mencapai Sustainable Development Goals ke-1, yaitu no poverty atau tidak adanya kemiskinan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dr. Emil Dardak selaku wakil gubernur Jawa Timur menekankan terhadap pentingnya rural development atau pembangunan daerah pedesaan. Selain itu, Dr. Emil Dardak juga memberikan atensi untuk serta merta mengembangkan produktivitas di sektor pertanian yang saat ini tengah dilanda permasalahan berupa masih kurangnya edukasi sekaligus pemahaman para petani tentang perkembangan teknologi. Berdasarkan penuturan beliau, berbagai program bantuan sosial telah diberikan oleh pemerintah untuk mendukung kesejahteraan masyarakat miskin. Oleh karena itu, hal tersebut akan terus dilaksanakan dan dikembangkan oleh pemerintah sehingga dapat mengatasi root-cause dari kemiskinan secara berkelanjutan. Dengan demikian, maka SDGs no. 1 dapat tercapai di Indonesia.

achieving sustainable2Guest lecture tersebut merupakan inisiasi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah Jawa Timur guna mengenalkan kepada mahasiswa NUS terkait peran pemerintah dalam mencapai SDGs di Indonesia. Kegiatan tersebut pada akhirnya menuntun pada diskusi yang menarik antara Dr. Emil Dardak bersama mahasiswa-mahasiswa NUS terkait pembahasan mengenai Sustainable Development Goals. Adanya kuliah tamu ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan, serta sudut pandang baru tentang peran pemerintah dalam mencapai SDGs.

#studentmobilityprogram
#leadershipinsustainability&culture
#nationaluniversityofsingapore
#nus
#febunair
#unair
#facultyofeconomicsandbusinessofunair
#universitasairlangga
#smartfaculty
#smartuniversity
#synergywithheart
#febsatuunairhebat
#excellencewithmoralityforindonesia
#sdg’s4,17