feb unair juara 1(FEB NEWS) 3 Mahasiswa Manajemen FEB UNAIR, yaitu Tegar Bayu Laksmana, Brian Errando Limanjaya, dan Michelle Sebastiani Chang, berhasil menyabet juara 1 Business Case Competition yang diadakan oleh Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung. Ajang tersebut mengangkat tema “Geohazard & Sustainability”. Perlombaan Business Case Competition tersebut diikuti oleh universitas top di Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, dan Telkom University. Namun, hal tersebut tak membuat gentar ketiga teman dekat tersebut.

Dalam ajang tersebut, Tegar dan rekannya mengangkat isu akselerasi transisi energi melalui perdagangan karbon. Mereka menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang luar biasa. Namun, sayangnya akses terhadap modal untuk melakukan pengembangan energi terbarukan masih sangat kecil. Maka dari itu, mereka menggagas ide berupa marketplace karbon berbasis teknologi blockchain untuk meningkatkan inklusivitas modal.
Kepada tim FEB NEWS, Tegar juga menambahkan bahwa melalui marketplace ini para perusahaan tidak perlu takut akan adanya duplikasi sertifikat karbon karena mekanisme tersebut sudah terpecahkan melalui adopsi teknologi NFT (Non-Fungible Token). Melalui teknologi ini, setiap sertifikat memiliki unique identity sehingga tidak bisa diklaim oleh perusahaan lain.

“Tim kami mencoba mengeksplorasi manfaat dari teknologi blockchain untuk bisa dijadikan rekomendasi inovasi bagi permasalahan carbon trading di Indonesia. Dan, akhirnya kami berhasil menemukan inovasi sertifikasi karbon melalui adopsi teknologi NFT yang menjamin memiliki nilai keamanan”.
Setelah melalui babak penilaian proposal, Tim yang menamai dirinya Wismilak ini melaju ke babak final. Di babak terakhir ini, mereka harus mempresentasikan rekomendasi ide mereka di hadapan dua juri yaitu, Prof. Dr. Aswan, S.T, M.T. (Guru Besar di Bidang Paleontologi dan Geologi Kuarter) dan Clint Gunawijaya (Pengusaha lulusan Sekolah Bisnis & Manajemen ITB).

Pengumuman juara dilakukan pada hari itu juga. Pada saat pengumuman, Tegar dan tim berhasil meraih juara 1 mengalahkan peserta ITB di juara 2 dan UGM juara 3. “Kami berharap bahwa pencapaian ini bisa mengantarkan kami menorehkan prestasi di ajang-ajang bergengsi lain dan membuat kami tetap rendah hati untuk terus belajar” Tandas Tegar di akhir wawancara dengan tim FEB NEWS.
SALAM DARI KAMI, KSATRIA AIRLANGGA !

TERUSLAH BERKARYA, GAPAI CITA-CITAMU SETINGGI LANGIT
BERKARYA HEBAT, PRESTASI MELESAT
GEMPARKAN DUNIA DENGAN PRESTASIMU

HARUMKAN NAMA ALMAMATERMU DENGAN PENGABDIAN DAN PRESTASIMU
FEB SATU – UNAIR HEBAT
FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA
EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA
#prestasimahasiswafebunair