mengangkat energi feb unair surabayaDalam ajang Metallurgy Festival yang diadakan oleh Program Studi Metalurgi Institut Teknologi Bandung dengan tema Development of Energy and Mineral Utilization to Achieve Sustainable National Resilience, 3 Mahasiswa FEB UNAIR, yakni Tegar Bayu Laksmana (Manajemen 2021), Hilmi Dzaki (Ekonomi Islam 2021), dan Al Hafizh Syahddad (Ekonomi Islam 2021) berhasil menyabet Juara 3 Poster, (11/3/2023).

Meskipun diikuti oleh mayoritas mahasiswa teknik dari universitas ternama, seperti UI, ITB, dan ITS. 3 teman sejawat yang menamai timnya “Lucky Laki” ini tidak gentar dan justru mengenalkan sebuah konsep transisi energi yang unik, yaitu Energy Transition Mechanism Country Platform. Konsep ini menawarkan sebuah solusi ruang fiskal global bagi para pengembang energi bersih. Selain itu, melalui Country Platform ini diharapkan mampu mengantarkan Indonesia menurunkan emisi karbon dengan melakukan percepatan penutupan PLTU Batu Bara.

 

Tegar menyampaikan bahwa motif terkuat mereka mengikuti lomba ini adalah mereka ingin memberikan informasi & paradigma tentang pentingnya modal bagi para pengembang transisi energi dengan melihat kondisi makro ekonomi dan potensi sumber daya yang dimiliki Indonesia. Menurutnya, macetnya riset teknologi dan inovasi di Indonesia terjadi karena minimnya modal yang bisa dipergunakan. Maka dari itu, melalui Energy Transition Mechanism Country Platform diharapkan memberikan solusi untuk melakukan akselerasi energi bersih melalui kemitraan modal dari mancanegara.

akselerasi energy feb unairPada kompetisi tersebut, Tegar dan tim berhasil mengalahkan ratusan peserta untuk bisa lanjut sampai ke babak final. Babak final diadakan di akhir Bulan Februari yaitu tanggal 25. Mereka harus bertarung dengan 10 finalis yang mayoritas berasal dari mahasiswa teknik ITB dan ITS. Menurutnya, hal ini tidaklah mudah karena lawan-lawan mereka sudah pasti paham betul tentang konsep-konsep teknis perihal transisi energi. Namun, berkat performa yang apik membuat juri menganugerahi mereka juara 3 pada malam puncak penganugerahan di tanggal 11 Maret 2023.

Tegar dan tim berharap melalui lomba-lomba yang berkaitan tentang sustainability ini, mampu memberikan gambaran tentang konsep bisnis yang ramah lingkungan di masa depan. Dan, ini bisa sejalan dengan visi dan misi Universitas Airlangga yang sangat mengedepankan Sustainability Development Goals. “Kami berharap bahwa sebagai lulusan FEB UNAIR, kami tidak hanya jago dalam menciptakan bisnis yang berprofit tinggi tetapi juga mampu menciptakan bisnis yang jangka panjang dan ramah lingkungan,” ucap Tegar di akhir wawancara.

SALAM DARI KAMI, KSATRIA AIRLANGGA !

TERUSLAH BERKARYA, GAPAI CITA-CITAMU SETINGGI LANGIT

BERKARYA HEBAT, PRESTASI MELESAT
GEMPARKAN DUNIA DENGAN PRESTASIMU
HARUMKAN NAMA ALMAMATERMU DENGAN PENGABDIAN DAN PRESTASIMU

FEB SATU – UNAIR HEBAT
FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA
EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA

#prestasimahasiswafebunair
#metallurgyfestivalitb
#institutteknologibandung
#p3mfebunair
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#universitasairlangga
#febsatuunairhebat
#excellencewithmoralityuntukindonesia