(FEB NEWS) Pelaksanaan magang bersertifikat kali ini dilakukan oleh praktikan di di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. BRI telah beroperasi salam 120 tahun dan memiliki layanan prima serta jutaan transaksi nasabah yang dikelola melalui fasilitas layanan yang tersebar secara luas di seluruh Indonesia. Magang bersertifikat ini bertujuan agar peserta magang mendapatkan gambaran secara langsung terkait dunia pekerjaan dan memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan pengetahuan yang sudah peserta magang dapatkan di perkuliahan untuk dipraktikan secara visual selama jalannya proses magang. Selama melaksanakan kegiatan magang, peserta diharapkan mendapat banyak ilmu baru yang akan berguna menghadapi dunia kerja.
Seperti halnya Romano Krisna Nugraha - Akuntansi, dan dua teman lainnya yang dari FEB UNAIR (Elmo - Manajemen dan Firda Manajemen) merupakan praktikan yang ditempatkan di BRI Kantor Cabang Kertajaya yang berlokasi di Surabaya. Metode pelaksanaan magang dilaksanakan secara offline atau work from office. Kegiatan magang di BRI KC Kertajaya dilakukan sejak tanggal 14 November 2022 hingga 31 Januari 2023. Jam kerja BRI KC Kertajaya dimulai pada pukul 07:15 – 16:30 WIB. Secara akumulatif, BRI KC Kertajaya menghabiskan waktu 9 jam 15 menit. Rutinitas magang dibuat rolling keseluruh lini fungsi dari BRI KC Kertajaya terdiri dari :


1. Sub fungsi operasional layanan yang meliputi SDM Logistic IT, customer service, teller, dana & jasa, administrasi kredit.
2. Fungsi pemasaran ritel meliputi RM Konsumer dan RM SME.
3. Fungsi bisnis mikro yang meliputi PAU.
Secara ringkas, yang dilakukan oleh Romano Krisna selaku praktikan selama berlangsungnya magang antara lain :
• Mengerjakan payroll salary credit dari perusahaan nasabah.
• Menawarkan secara langsung Business Card / Credit Card yang sudah MOU dan bekerja sama antara BRI dan INI (Ikatan Notaris Indonesia) yang bebas annual fee setiap tahunnya.
• Mempelajari Letter of Credit dari sebuah transaksi export import.
• Memprospek nasabah dengan menawarkan beberapa toko atau usaha untuk menggunakan (Electronic Data Capture) EDC dari BRI.
• Mengetahui teori (Know Your Customer) KYC dalam melakukan prospek pemasaran untuk menjadikan customer ke nasabah tetap dari BRI.
• Mempelajari cara memprospek nasabah dengan metode canvasing dalam menawarkan merchant barcode QRIS ke berbagai macam kriteria nasabah dan tempat yang mendukung.
• Membuat laporan surat pemblokiran BPKB kendaraan yang akan dijaminkan oleh nasabah untuk melakukan agunan di BRI Kertajaya.
• Memastikan nasabah supply chain dan consumer goods telah menerima pinjaman yang ditawarkan oleh pihak BRI.
• Melengkapi persyaratan dokumen lelang serta hasil checking yang sudah dilakukan di lokasi oleh Badan Pertanahan Nasional dan Notaris.
• Menginput data BRI Spot terhadap data nasabah yang melakukan pinjaman agunan di BRI pada bulan tersebut dan memprosesnya secara langsung.
• Mempelajari kasu-kasus yang terjadi secara langsung melalui nasabah di frontliner customer service.

 

magang bri feb unair
Gambar 1. Para Praktikan belajar untuk memprospek nasabah dengan menawarkan ke beberapa toko atau usaha untuk menggunakan (Electronic Data Capture) EDC dari BRI.


Pengalaman magang di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. serang lebih tiga bulan menjadi salah satu jejak hidup yang berharga karena selama mengikuti magang ini, Romano selaku praktikan dapat memperluas wawasan yang luar biasa yang belum pernah dipelajari di bangku kuliah. Romano beserta dua peserta magang lainnya juga mendapat dorongan yang positif dari lingkungan kantor mulai dari mentor, pegawai-pegawai bank hingga asisten manajer operasional agar mampu untuk mendorong diri sendiri melampaui batasan kompetensi yang dimiliki sebelumnya. Memiliki kesempatan untuk bisa menjalin networking dengan seluruh pegawai kantor menjadi manfaat sangat berharga bagi praktikan. Peserta magang sangat bersyukur dibimbing oleh seorang mentor yang mau membagikan ilmunya dengan cuma-cuma, memberikan kepercayaan serta mendorong untuk terus mau belajar memperluas kompetensi yang dimiliki.

magang bri feb unair2magang bri feb unair 2 2
Gambar 2. Praktikan belajar membuat laporan surat pemblokiran BPKB kendaraan yang akan dijaminkan oleh nasabah untuk melakukan agunan di BRI Kertajaya


Terkait wawasan, memang banyak ilmu-ilmu perbankan yang baru didapatkan ketika mengikuti magang ini, mulai dari pembelajaran proses bisnis bank, pembelajaran strategi dalam dunia profesi Relationship Marketing (RM) perbankan, pembelajaran mengenai pengenalan produk dana dan jasa bank, serta pembelajaran-pembelajaran yang lainnya. Namun, terlepas dari wawasan-wawasan tersebut, kegiatan magang ini juga memberikan kesempatan bagi pesertanya untuk mengasah softskill seperti membangun komunikasi dan koneksi yang terarah dengan baik, mengatasi permasalahan yang akan muncul di dunia pekerjaan, membangun kesiapan mental untuk siap akan segala situasi dan kondisi yang ada, membangun kerja sama tim yang baik hingga kesiapan untuk mampu menempatkan diri dengan baik di lingkungan kerja.


magang bri feb unair3
Gambar 3. Praktikan tengah mempelajari cara memprospek nasabah dengan metode canvasing dalam menawarkan merchant barcode QRIS ke berbagai macam kriteria nasabah dan tempat yang mendukung