fiture kontribusi satria airlanggaSekali Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui, peribahasa tersebut menggambarkan langkah yang diambil mahasiswi Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) Universitas Airlangga yang memiliki sapaan akrab Mai tersebut. Statusnya sebagai Account Receivables Accountant di PT ABIM membuat Mai memutuskan untuk magang di perusahaan tempatnya bekerja. Salah satu perusahaan swasta readymix beton di Surabaya yang sedang berkembang tersebut menjadi pilihan Mai untuk berkontribusi dan berinovasi.

“Beruntungnya saya memiliki background pendidikan akuntansi dan pengalaman bekerja di konsultan pajak sehingga skill dan kemampuan saya sangat membantu kegiatan magang saya ini. Data, dokumen dan sistem yang ada sebelumnya masih belum bisa menyamai kompetitor lainnya sehingga disinilah letak tantangan yang saya hadapi” ujarnya.
Sebagai Ksatria Airlangga, berbekal ilmu yang diperoleh pada saat perkuliahan, Mai memiliki tekad untuk berkontribusi dan memberikan manfaat dimanapun ia berada, termasuk di tempat magangnya tersebut. “Saya berusaha untuk memperbaiki dan membuat semua pekerjaan yang saya lakukan lebih baik dari sebelumnya. Beberapa kali saya juga berdiskusi dengan atasan untuk membahas kelemahan pengendalian internal pada divisi saya dan solusi yang dapat diambil” ujarnya.

Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) Universitas Airlangga memiliki mata kuliah wajib berupa magang untuk mahasiswanya pada semester 2. Kegiatan magang ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui kesepadanan pengetahuan yang diperoleh di PPAk dengan kondisi yang ada di lingkungan kerja dalam berbagai bidang yang relevan dengan profesi akuntan. Selain itu, kegiatan magang ini merupakan sarana untuk mengakomodir Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 14 ayat (6), Pasal 14 ayat (7) serta untuk memenuhi Standar Pendidikan Internasional (International Education Standard), yaitu IES No.5. mengenai Practical experience requirements.
Program magang ini adalah kegiatan intrakurikuler terstruktur berupa kegiatan praktek kerja mahasiswa Program Profesi Akuntan (PPAk) di instansi tertentu, yang terkait dengan bidang akuntansi baik di instansi swasta, maupun pemerintah yang relevan. Selain untuk mengakomodir regulasi yang ada, kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan FEB UNAIR dalam mengimplementasikan poin Sustainable Development Goals (SDG’s) 8.