OLIMPIADE EKONOMI 2Kamis, 27 Oktober 2022, telah berlangsung acara yang cukup melatih kemampuan, pengetahuan, dan kreativitas para peserta OE dalam babak final dan grand final Olimpiade Ekonomi 19th. Olimpiade Ekonomi (OE) 19th merupakan olimpiade tingkat nasional yang diadakan oleh HIMA Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga yang ditujukan kepada siswa/siswi SMA/Sederajat di Indonesia untuk mengasah kemampuan dan kecakapannya khususnya di bidang Ilmu Ekonomi.

Sebanyak 268 tim mengikuti babak penyisihan yang dilaksanakan secara online melalui website OE, kemudian dari 268 tim tersebut disaring menjadi 26 tim untuk mengikuti babak semifinal yang diadakan secara online juga melalui website OE dan melalui Zoom. Dalam babak tersebut peserta mengerjakan beberapa soal ekonomi yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu multiple choice, fill the blank dan economics smart.

Lalu, 10 peserta dengan nilai teratas dari babak semifinal, yakni Tim Skuy Living dari SMA Kharisma Bangsa, Tim Doa Ibu dari SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Tim Keynes dari MAN 2 Malang, Tim PRIBADI BANDUNG dari SMA Pribadi Bandung, Tim SMANSA PALEMBANG SMA Negeri 1 Palembang, Tim EKOlympus dari SMA Kesatuan Bangsa, Tim Crypto Cracker dari SMAK ST.Louis 1 Surabaya, Tim BISMILLAH dari SMA Taruna Nusantara, Tim EKOTURA dari SMA Taruna Nusantara, serta Tim Coztra dari SMAS PU Al Bayan melanjutkan langkahnya ke babak final. Babak tersebut diadakan secara offline dan berlangsung di FEB Unair. Dalam babak tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu economic speed dan solve the dice.OLIMPIADE EKONOMI 3

“Acaranya seru banget sih, terus jadi dapat pengalaman dan teman-teman baru. Good Luck buat teman-teman OE 19th semoga mendapat hasil yang terbaik”, ujar Tim PRIBADI BANDUNG, salah satu tim dari peserta OE 19th.

Selanjutnya, 5 tim dengan ranking teratas yakni Tim Keynes, Tim EKOlympus, Tim BISMILLAH, Tim PRIBADI BANDUNG, dan Tim Skuy Living melanjutkan ke babak grand final yang mengharuskan setiap tim mempresentasikan jawaban dari studi kasus yang telah diberikan oleh panitia. Jawaban-jawaban tersebut dinilai oleh 2 juri yang merupakan Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unair, yaitu Gigih Prihantono, S.E., M.SE., dan Shochrul Rohmatul Ajija, SE.,M.Ec., serta 1 juri yang merupakan Dosen Departemen Manajemen FEB Unair, yaitu Dr. Wisudanto, SE.,MM., CFP, ASPM.

 OLIMPIADE5

Berdasarkan penilaian juri, diumumkan para pemenang dengan urutan sebagai berikut:
Juara I : Tim Skuy Living dari SMA Kharisma Bangsa
Juara II : Tim PRIBADI BANDUNG dari SMA Pribadi Bandung
Juara III : Tim BISMILLAH dari SMA Taruna Nusantara
Juara Harapan I : Tim Keynes dari MAN 2 Kota Malang
Juara Harapan II : Tim EKOlympus dari SMA Kesatuan Bangsa

 

OLIMPIADE EKONOMI4“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang terus terlaksana setiap tahunnya dan selalu disambut baik oleh para siswa/siswi SMA Sederajat di seluruh Indonesia”, Ucap Bapak Rossanto Dwi Handoyo, SE., M.Si., Ph.D. selaku Kepala Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga.

Sekali lagi kami ucapkan selamat dan semangat kepada para pemenang dan finalis OE 19th! Semoga dengan adanya program kerja ini, memudahkan para siswa/siswi SMA/Sederajat untuk mengembangkan bakat dan minatnya di bidang Ilmu Ekonomi. See you on top and see you on OE 20th!