Departemen Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) dibawah kepemimpinan Dr. Gancar Candra Premananto, SE., MSi. mengadakan kuliah tamu “CEO Mengajar Series” yang dihadiri oleh mahasiswa management Angkatan 2021 dengan narasumber Pranowo Tri Nusantoro - HRGA Director PT Petro Oxo Nusantara (PON) pada kamis, 27 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Fajar Notonegoro Lt. 2. 

 

 

Pada kesempatan kali ini dipaparkan mengenai gambaran profil dari perusahaan PT PON yang merupakan perusahaan semi pemerintahan dimana 50% sahamnya dipegang oleh swasta yakni dari PT Lintas Lima Lestari Laksana yang berasal dari singapore dan 50% sahamnya berasal dari pemerintah yakni Kementrian Keuangan yang disalurkan  ke PERTAMINA kemudian dilanjutkan ke PT. Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro). Terletak di Gresik dan memiliki jumlah karyawan 189 dan bahan baku produksi yang digunakan berupa propelin dan gas bumi. Dengan jumlah asset terakhir hampir 2 Triliun rupiah. Produknya berupa 2- Ethyl Hexanol yang  menjadi bahan baku untuk APD dan sarung tangan karet, kemudian ada Iso – Butanol, Normal – Butanol dan CO2 Liquid. Berdiri sejak tahun 1990 hingga sekarang yang masih terus berinovasi product (devicification), market (development), dan people (development) hingga mampu menjamah pasar international seperti China, Autralia, UAE, India, Thailand, Malaysia, Singapore, termasuk diperjual belikan sendiri di Indonesia. PT PON memiliki Pelabuhan sendiri untuk mempermudah proses pengriman produknya baik melalui kapal.  Visi dari PT PON adalah Menjadi produsen 2-Ethyl Hexanol (2-EH) yang handal dan produk petrokimia lainnya yang mampu memberi nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dan Misinya adalah 1. Menyediakan produk dan layanan yang berkualitas, ramah lingkungan, dan berkomitmen pada keselamatan serta kesehatan kerja; 2. Mengembangkan produk-produk baru yang memberikan nilai tambah bagi Perusahaan; 3. Memiliki sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas; 4. Memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi sosial masyarakat dan industri nasional.

 

Selain memberikan gambaran umum terkait profil perusahaan PT PON, Pranowo juga memberikan dasar bagaimana mengelola manajemen operasional dan rantai pasok yang dapat menjadi dasar bagi mahasiswa ketika menjajaki dunia kerja yang sesungguhnya yakni  berupa SIPOC (supplier, input, proses, output, dan coustemer). Penyampaian materi dilanjutkan dengan pembedahan satu – persatu dari komponen SIPOC yakni mulai dari supplier yang mencakup jenis supplier, lokasi supplier, dan jenis barang. Kemudian yang kedua yakni input yang mencakup proses pengadaan, pergudangan atau  werehouse, dan prosedur. Yang ketiga ada proses yang berfokus pada quality dan quantity yang akan berdampak pada ratio konsumsi. Yang keempat yakni output yang mencakup marketing, mode transportasi, serta mode penjualan. Dan yang terakhir adalah customer yang mencakup lokasi konsumen, type konsumen serta mempelajari psikologi konsumen untuk dapat dilakukan analisa kepuasan pelanggan sehingga perusahaan dapat berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. 

 

     

 

Pranowo juga memberikan informasi terkait PT PON untuk mahasiswa yaitu bahwa PT PON membuka peluang selebar – lebarnya bagi mahasiswa yang ingin magang di perusahaan PT PON Gresik baik secara mandiri maupun melalui jalur MBKM, dan disampaikan pula bahwa peluang besar dapat dimiliki oleh setiap peserta yang utamanya memiliki kemampuan berbahasa asing seperti mandarin karena PT PON yang sudah menjajaki pasar international. 

 

Ayo wujudkan Pendidikan berkualitas, untuk mencetak SDM UNGGUL untuk Indonesia.

 

Bersinergi dengan HATI UNTUK IBU PERTIWI 

 

FEB SATU – UNAIR HEBAT

FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA

EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA