(FEB NEWS) Departemen Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), menyelenggarakan Perkuliahan “CEO MENGAJAR SERIES”, dari AULA Miendrowo, Lt. 3 FEB UNAIR, (26-10-2022).

Hadir selaku pemateri perkuliahan Manajemen Strategik, Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST.  Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, yang juga selaku Sekretaris Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI).

Perkuliahan diikuti lebih kurang 80 orang Mahasiswa Program Studi Akuntansi FEB UNAIR, Mata Kuliah Manajemen Strategik kelas N dan P. Turut hadir dalam perkuliahan tersebut, Dr. Wiwik Supratiwi, Dra., M.BA, Ak. – Ketua Departemen Akuntansi; Alfiyatul Qomariyah, S.Ak., M.BA.,Ph.D.- Koordinator Program Studi S1 Akuntansi; Nur Aini Hidayati, SE., M.Si., Ph.D. – Koordinator Pusat Informasi dan Humas FEB UNAIR; dan La Ode Sabaruddin, Ph.D.

Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST.  membuka perkuliahannya dengan melontarkan sebuah pertanyaan, apa itu PDAM?. Hal itu dilakukan guna mengetahui, apa yang ada dalam pemikiran mahasiswa tentang PDAM. PDAM secara umum menurut Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST. adalah perusahaan yang mengolah air baku menjadi air yang siap untuk digunakan.

Melalui perkuliahan tersebut, Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST. mengajak mahasiswa untuk mengenal terlebih dahulu, fungsi dari suatu perusahan seperti halnya PDAM, apakah dia merupakan perusahaan yang lebih cenderung dituntut untuk menghasilkan profit ataukah perusahaan yang difungsikan untuk pelayanan publik, sehingga bisa ditentukan strategi apa yang perlu dilakukan sebagai seorang pemimpin perusahaan, dalam menjaga perusahaan agar tetap terus bertumbuh dan tetap bisa menjaga komitmennya dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Menurut Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST., PDAM, adalah perusahaan yang tidak menerima subsidi dari pemerintah, seperti halnya PLN, BBM, namun fungsi pelayanan tetap perlu diperhatikan, seperti halnya pelanggan penghasilan rendah, sosial umum, pendidikan, rumah sederhana, rumah sangat sederhana, yangmana harga tidak dinaikkan, bahkan untuk yang kebutuhan dasar digratiskan. 

Subsidi yang dilakukan oleh PDAM adalah dengan cara subsidi silang yaitu dari pelanggan menengah ke atas, dengan kata lain bahwa murni untuk mensubsidi pelanggan-pelanggan yang membutuhkan, yaitu disubsidi oleh pelanggan yang lainnya (menengah ke atas) dan sebagiannya lagi untuk investasi yang wajar dan berkelanjutan.

Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST. menuturkan bahwa sangat penting dalam memimpin PDAM, untuk melihat kewajiban-kewajiban yang perlu dilakukan, seperti dalam hal pemeliharaan (peremajaan aset), sehingga dapat mengurangi risiko kebocoran dan hal-hal lainnya yang tak terduga.Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST. menambahkan bahwa PDAM, adalah perusahaan yang beroperasinya dibatasi oleh wilayah, seperti PDAM Surabaya yang hanya beroperasi di wilayah Surabaya, sehingga diperlukan strategi lainnya yaitu melakukan investasi di wilayah-wilayah lain yang secara pertumbuhannya lebih baik seperti misalnya di Sidoarjo.

Dari perkuliahan tersebut,  Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST., ingin memberikan gambaran kepada mahasiswa bahwa untuk dapat mengelola bisnis apapun, mahasiswa perlu melihat omset, laba, aset, dan market value, sehingga bisa diketahui setrategi apa yang perlu dilakukan oleh perusahaan seperti halnya PDAM, yang memiliki beberapa strategi untuk dijalankan ke depannya, misalnya 1.) Menaikkan tarif PDAM, dengan diikuti peningkatan kualitas layanan; 2.) Negosiasi untuk mengurangi laba yang harus disetor/meminta biaya perbaikan; 3.) melakukan investasi di wilayah lain yang wajar dan berkelanjutan.

Pada Akhir sesi kuliah tamu ini juga terdapat sesi tanya jawab, salah satunya yakni terkait upaya PDAM untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan dengan tetap mempertahankan kinerja yang berkualitas. “PDAM dapat melakukan beberapa upaya, antara lain untuk pengoperasionalan pompa dapat diatur sedemikian rupa agar tidak bekerja 24 jam sehingga dapat mengurangi biaya listrik, selain itu PDAM juga mengupayakan untuk meningkatkan efisiensi tenaga kerja.” Tutur Arief.

Semoga pelalui perkuliahan ini yaitu “CEO MENGAJAR SERIES”, mahasiswa bisa mendapatkan tambahan wawasan melalui sharing pengalaman dari para CEO secara langsung dalam memimpin sebuah perusahaan.

Ayo, wujudkan Pendidikan berkualitas, untuk cetak SDM UNGGUL Untuk Indonesia.

 

FEB SATU – UNAIR HEBAT

FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA

EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA