(FEB NEWS) Guna menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur dari kaum muda khususnya mahasiswa-mahasiswi FEB UNAIR, dan juga para pelaku UMKM, Departemen Ilmu Ekonomi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), menyelenggarakan acara kuliah tamu ”CEO MENGAJAR” untuk mahasiswa, umum dan UMKM, dengan mengambil tema “BAGAIMANA MENJADI EKSPORTIR MUDA, Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, yang Inklusif dan berkelanjutan”.

Acara diselenggarakan dari Aula Fadjar Notonegoro Lantai 2, FEB UNAIR, dengan menghadirkan 3 orang CEO, sebagai narasumber: 1.) CEO PT. Promosia Indonesia Sarana Global - Reza Fernanda Muhammad; 2.) CEO PT. Adipati Jaya Abadi Exportir - Hindra Soeparjanto; 3.) CEO Putera Nusantara Group, Exportir - Wahyu Kusuma Hadi; dan dengan 2 orang moderator: 1.) Moderator sesi pertama: Rossanto Dwi Handoyo, Ph.D – Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UNAIR; 2.) Moderator Sesi ke-2 yaitu Deni Kusumawardani, SE.,M.Si. - KPS S2 Ilmu Ekonomi.

Acara ini diselenggarakan untuk menginspirasi dan menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur yang kreatif dan inovatif dari kaum muda khususnya mahasiswa-mahasiswi FEB UNAIR, dan juga para pelaku UMKM, sekaligus memberikan wawasan mengenai kiat–kiat sebagai seorang eksportir yang sukses.. Materi diberikan dan disajikan dengan cara yang sangat menarik.

Kuliah Tamu sesi pertama, “Menjadi Eksportir Sejak Muda dengan Kreatifitas dan Inovasi” oleh CEO PT. Promosia Indonesia Sarana Global - Reza Fernanda Muhammad. Dalam sesi tersebut, Reza menceritakan pengalaman suksesnya bisa mengekspor produk perlengkapan kamar mandi dengan menggunakan kerang-kerangan Indonesia, melalui berbagai pameran produk di Luar Negeri. Reza juga mengkisahkan bagaimana menghadapi kerasnya persaingan antar negara tetangga, yang mulai meniru produknya dengan menggunakan bahan tiruan dan menjualnya dengan harga yang lebih murah. Sebagai pengusaha memang harus ulet dan penuh kesabaran, pengusaha juga dituntut untuk terus berkreasi dan berinovasi. Kapan saatnya perusahaan mengalami titik jenuh, maka kreasi dan inovasi harus terus dilakukan, seperti melakukan diversifikasi produk maupun mencari peluang pasar yang baru.

Berbeda dengan materi pertama, Hindra Soeparjanto - CEO PT. Adipati Jaya Abadi Exportir, membawakan “Bagaimana Menjadi Eksportir Tanpa Modal Melalui Digital Marketplace International”. Dengan penuh semangat, Hindra Soe menyampaikan materinya yang juga based on true story, dimana Hindra Soe melakoni usahanya,  dengan tanpa modal sampai sekarang dan berhasil.

Materi disampaikan secara singkat, ringan dan jenaka, namun tetap mampu menginspirasi para audience untuk memilih, cara sukses sebagai seorang pengusaha. 

Hindra menginspirasi para anak muda dan juga pelaku UMKM, bahwa menjadi sukses tidak harus dengan modal yang besar, namun cukup dengan, “secara terus menerus mengoptimalkan daya fikir” dari seorang pengusaha/calon pengusaha tersebut, karena menurut Hindra Soe, bahwa “daya fikir kita juga merupakan modal”.

Hindra Soe mengemukakan bahwa “Ekspor itu mudah dan semuanya punya kesempatan”. Pengusaha yang sukses harus bisa mengubah mindset-mindset penghambat, seperti : Ekspor produk itu harus 1 kontainer, Ekspor produk perlu modal besar, Teori bahwa, Harta = Modal + Hutang. Semuanya itu adalah mindset yang menghambat, dan harus dirubah menjadi positif, dan memikirkan secara sungguh-sungguh dan iklas, “Bagaimana Caranya?”.

Ada beberapa tips yang diberikan oleh Hindra untuk menjadi pengusaha sukses tanpa modal :


1. Maksimalkan Daya Pikir Kita

2. Fokus pada Strenght dan Opportunity

3. Memilih Tipe Perusahaan Ekspor yaitu melalui Export No produsen

4. Promosi Internasional

5. Keihlasan tidak punyak uang, konsultasi sungguh-sungguh, sabar, yakin bisa

 

Semua tips “Sukses ala Hindra Soe” itu disampaikannya dengan cara yang ringan dan menyenangkan.

Sementara materi terakhir, “Strategi Menembus Pasar Ekspor Melalui Sertifikasi dan Standarisasi Produk Ekspor”, disampaikan oleh Wahyu Kusumo Hadi – CEO Putera Nusantara Group, Exportir, dimana memberikan penjelasan secara detail tentang Syarat Ekspor, Barang yang dilarang Ekspor, Perijinan berusaha, Persiapan eksportir, dan Standarisasi produk ekspor.

Salam dari kami, Ksatriya Airlangga,

 

Sukses Muda sebagai Pengusaha, Siapa Takut !

 

FEB SATU – UNAIR HEBAT

FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA

EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA