(FEB NEWS) Kesempatan untuk Magang Terstruktur - MBKM di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), kini telah terbuka lebar bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), setelah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama Jaminan Produk Halal, antara BPJPH Kemenag RI dan FEB UNAIR, tentang MBKM dan beberapa poin mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi, (13/7/2022) di Aula Fadjar Notonagoro, Lantai 2 FEB UNAIR.

Program Magang MBKM merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Merdeka Belajar, atas kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa merasakan dunia kerja secara langsung sebagai persiapan karier masa depan. 

Melalui Program Magang MBKM – Terstruktur yang terjalin tersebut, mahasiswa diharapkan dapat mendukung dan mensupport terwujudnya pelayanan prima di BPJPH. Melalui Mahasiswa Magang, BPJPH mengharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima, pelayanan yang maksimal dan berkualitas untuk semua pelaku usaha. Mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan seluruh pengetahuan yang telah didapatnya di kampus, dan mengembangkan wawasannya di lapangan tempat mereka magang, sehingga dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan BPJPH.

Melalui Program kerjasama tersebut, FEB UNAIR berkeinginan bisa memberikan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswanya, dengan memberikan kesempatan untuk menimba ilmu, memperoleh wawasan, dan mengasah ketrampilan secara langsung di lapangan, dan harapannya mahasiswa tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill, namun juga diharapkan mempunyai kapasitas baru untuk menjadi SDM yang siap di masa depan, membangun relasi dengan mitra Kampus Merdeka, serta menjadi pemimpin masa depan yang menghargai keanekaragaman dan menghargai orang lain.

Program ini diselenggarakan selama 1-2 semester, dengan konversi SKS setara 20 SKS untuk 1 semester, sehingga mahasiswa bisa memperoleh pengalaman bekerja serta keterampilannya sebagai bekal untuk menghadapi dunia setelah perkuliahan.

Penandatanganan dilakukan dalam satu acara One Day Seminar: Ekspose Riset Bidang Halal “Ekspose Riset/Inovasi Produk dan Bahan Baku Alternatif Halal: Menguatkan Industri Halal Indonesia, Menuju Pusat Produsen Halal 2024”, Yang dihadiri oleh, Dosen, Mahasiswa (S1,S2 dan S3 FEB UNAIR juga dari luar FEB UNAIR), dan Masyarakat yang concern dengan produk halal.

Prosesi penandatanganan dilakukan oleh: Dr. Muhammad Aqil Irham, M.Sc selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, yang didampingi oleh Dr. H. Mastuki, M.Ag. - Kepala Pusat Registrasi Dan Sertifikasi Halal BPJPH Kemenag RI, Adapun dari FEB UNAIR oleh: Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak. CMA. CA. - Dekan FEB UNAIR didampingi oleh Dr. Sri Herianingrum, SE., M.Si. - Ketua Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR. Kerja sama tersebut meliputi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan beberapa poin mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara One Day Seminar merupakah kegiatan yang dirancang sebagai kerjasama antara berbagai institusi, seperti Departemen Ekonomi Syariah FEB UNAIR, PUSAT HALAL UNAIR dan BPJPH Kementerian Agama RI, beberapa kampus negeri di Indonesia, seperti UIN Malang, UGM dan  beberapa kampus lainnya di Jawa Timur, dalam mewujudkan dukungan FEB UNAIR dan BPJPH terhadap mutu pendidikan yang berkualitas.

Bersama kita bisa !

Bersinergi dengan Hati Untuk Ibu Pertiwi

Ayo, kita sukseskan bersama Magang MBKM

Mewujudkan Pendidikan Berkualitas, 

Untuk Mencetak SDM UNGGUL UNTUK INDONESIA