(FEB NEWS) Setelah terjadi inisiasi kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya (Disdukcapil Kota Surabaya) beberapa waktu lalu, 10/08/2022. Pada 12/08/2022 telah dilakukan penandatangan Implementation Arrangement/IA yang bertempat di  AULA Fadjar Notonagoro, Lantai 2 FEB UNAIR. 

 

Inisiasi Kerjasama Antara FEB UNAIR dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya (Disdukcapil Kota Surabaya) beberapa waktu lalu, 10/08/2022, dari AULA Tirtodiningrat, Lantai 2 FEB UNAIR. 

Dari atas ke bawah : 1.) Tim dari FEB UNAIR dipimpin oleh Wakil Dekan I FEB UNAIR – Dr. Wisnu Wibowo (no 2 dari kanan), dan Wakil Dekan III FEB UNAIR – Dr. Ahmad Rizki Sridadi (no 3 dari kanan); kemudian 2.) Tim dari Disdukcapil Kota Surabaya, dipimpin oleh : Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya - Agus Imam Sonhaji ST, MMT (tengah).

 

Penandatangan Implementation Arrangement ini berisi pelaksanaan program kerjasama Merdeka Belajar Kampus Merdeka terutama pada Bidang Administrasi Kependudukan. Hal ini dijalankan seiring dengan adanya berbagai inovasi aplikasi dan layanan yang telah dihadirkan oleh Disdukcapil Kota Surabaya dalam membantu dan mempermudah masyarakat dengan lebih praktis yaitu melalui fasilitas online. 



Inovasi aplikasi dan layanan yang telah dihadirkan diantaranya: KatePay, Duo Lontong, Paket Hemat, CEOX, Punta Dewa, Jempol Sakti, Takon Klampit, dan Klampit. Salah satu inovasi yang telah diluncurkan dan tengah digalakkan yaitu KatePay yang terlahir berkat kerjasama Pemerintah Kota Surabaya dengan Bank Jatim. Inovasi yang menciptakan Kartu Identitas Anak (KIA) agar dapat menjadi alat pembayaran non tunai bagi seluruh siswa tingkat SD dan SMP di Kota Surabaya sebagai metode pembayaran untuk pembelian makanan dan minuman di kantin sekolah.

 

Melalui inovasi ini, diharapkan keterlibatan dari para mahasiswa dalam Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Administrasi Kependudukan (MBKM-A) untuk dapat membantu mendorong/menumbuhkan kesadaran para orang tua, bahwa dengan KatePay ini. anak tidak perlu membawa uang tunai ke sekolah atau cashless, cukup bawa KIA (Program cashless dan elektronik know your customer (e-kyc)). Selain itu para orang tua bisa memantau pengeluaran uang untuk jajan dari putra-putrinya, dan anak-anak tidak jajan di luar sekolah (yang tidak terjamin mutu makanan dan minuman, baik secara kualitas juga kebersihannya). 

 

Kantinpun disediakan dari UMKM yang ada di wilayah tersebut, dan terdapat wadah literasi untuk menggiatkan program transaksi secara non tunai dan e-kyc, dimana para mahasiswa Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Administrasi Kependudukan (MBKM-A), juga diharapkan mampu berperan aktif disana, sehingga perekonomian di wilayah tersebut mampu ditingkatkan/mengurangi tingkat kemiskinan melalui UMKM.

 

Tidak hanya di situ saja, Disdukcapil Kota Surabaya dalam kerjasamanya dengan FEB UNAIR, juga melibatkan para mahasiswa dalam program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Administrasi Kependudukan (MBKM-A) selama 1 (satu) semester, dalam membantu pencatatan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Surabaya. Selain itu, adanya program MBKM-A ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat supaya mudah dalam melakukan pengurusan dokumen, pelayanan publik, penginputan data, dan membantu memperkenalkan inovasi aplikasi dan layanan yang sudah ada supaya digunakan dengan baik oleh masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang masih awam dalam kepengurusan data secara online. Mahasiswa yang mengikuti program ini juga diharapkan mampu memunculkan inovasi-inovasi yang mungkin belum ada di wilayah tersebut ataupun menganalisa dari inovasi/system yang sudah ada, yang masih perlu mendapatkan penyempurnaan, selain juga mendapatkan pengalaman baru dalam mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan.

 

Dengan kerjasama ini, diharapkan FEB UNAIR, bisa memberikan Pendidikan yang berkualitas kepada para lulusannya melalui pengalaman berharga yang didapatkan secara langsung di lapangan, dengan pembimbingan yang melekat dari 2 (dua) arah baik dari dosen di kampus juga dari mentor di lapangan tempat mahasiswa tersebut melakukan magang, sehingga bisa dihasilkan lulusan yang berkualitas, dan SDM UNGGUL Untuk Indonesia, dan bagi Pemerinah Kota Surabaya, juga harapannya agar segala Program-Program Kependudukan yang tengah diemban bisa tertunaikan dengan penuh amanah.

 

Bersama kita bisa, FEB UNAIR & DISDUKCAPIL KOTA SURABAYA

Ayo sukseksan Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Administrasi Kependudukan (MBKM-A).

 

Salam dari Kami, Ksatria Airlangga

 

BERSINERGI DENGAN HATI

FEB SATU – UNAIR HEBAT

FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA

EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA