(Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, oleh Peserta UMKM Nasabah PT Pegadaian dan Mahasiswa WEBS FEB UNAIR, pada acara Pendampingan UMKM "NILAI PENTING PEMASARAN UMKM", Nasabah usaha mikro kecil menengah, yang merupakan kerjasama antara FEB UNAIR dengan PT. Pegadaian, 29/8/2022, dari AULA Fadjar Notonagoro, Lantai 2, FEB UNAIR).



(FEB News) Dukung UMKM di Surabaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) melalui Pusat Kewirausahaan dan Relasi Industri (PKRI) FEB UNAIR yang diketuai oleh Dr. Tri Siwi Agustina, SE.,M.Si., bekerja sama dengan PT Pegadaian menyelenggarakan pendampingan UMKM bagi Nasabah PT Pegadaian (29/08/2022). Program pendampingan ini bertujuan untuk memberikan wadah pengembangan kepada Nasabah PT Pegadaian dan perwakilan mahasiswa oleh WEBS Universitas Airlangga mengenai nilai penting pemasaran dalam UMKM guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

(Sesi Seminar oleh Pak Gancar untuk UMKM Nasabah PT Pegadaian dan Mahasiswa WEBS FEB UNAIR, pada acara Pendampingan UMKM "NILAI PENTING PEMASARAN UMKM", Nasabah usaha mikro kecil menengah, yang merupakan kerjasama antara FEB UNAIR dengan PT. Pegadaian, 29/8/2022, dari AULA Fadjar Notonagoro, Lantai 2, FEB UNAIR).

 

Program pendampingan UMKM, berbentuk seminar yang dibuka dengan sambutan oleh :1.) Dr. Ahmad Rizki Sridadi - Wakil Dekan III FEB UNAIR; dan 2.) Machmoed Noerharijanto - Kepala Departemen Non Gadai PT. Pegadaian Area Surabaya 1, diselenggarakan untuk memberikan wawasan mengenai bagaimana strategi pemasaran pada UMKM yang dibawakan oleh Dr. Gancar Candra Premananto S.E., M.Si. – Ketua Departemen Manajemen FEB UNAIR, untuk menunjang pengetahuan pemasaran bagi para pelaku UMKM khususnya Nasabah PT Pegadaian di Surabaya. 

 

Beberapa topik yang dibawakan, dalam Program Pendampingan UMKM adalah menentukan target pasar, menentukan harga yang tepat, dan memberikan wawasan mengenai pentingnya branding dalam pemasaran UMKM. Program ini berupaya memaksimalkan potensi UMKM untuk meningkatkan pasar dan pendapatan yang layak.

 

Dalam penyampaian materi, Pak Gancar memberikan motto “Going global, going digital, and growth mindset” yang berartikan sebagai pelaku UMKM pun harus bisa beradaptasi memasuki dunia digital, dan menumbuhkan mindset untuk memulai strategi yang baru serta memajukan kesejahteraan ekonomi. “Do something else, do something more” ujar Pak Gancar. Hal itu sebagai pendorong para UMKM untuk berinovasi dan memiliki niat untuk berkembang.

 

Di akhir acara, Pak Gancar mengajak para mahasiswa dan nasabah untuk menggunakan produk-produk dalam negeri untuk mendukung perekonomian di dalam negeri. Selain itu, Pak Gancar juga menyarankan untuk seluruh UMKM memasuki dunia digital. “Jadikan orang memiliki empati dengan membuat cerita yang menjadikan orang tertarik di media sosial” ujar beliau. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi suatu bisnis sehingga dapat mendorong penjualan UMKM di Surabaya.

Ayo, terus melangkah maju, terus berinovasi

UMKM yang berdaya saing, Going Global, Going Digital, dan Growth Mindset

 

Salam dari kami, Ksatria Airlangga,

 

FEB SATU – UNAIR HEBAT

BERSINERGI DENGAN HATI TUK IBU PERTIWI

MEWUJUDKAN UMKM YANG MANDIRI, BERINOVASI DAN BERDAYA SAING