Pemberian materi oleh Pak Sandiaga Uno

 

(FEB NEWS) Ketidakseimbangan antara permintaan dan ketersediaan lapangan kerja di Indonesia, membuat kita harus bergerak cepat untuk meningkatkan jumlah lapangan kerja. Pekerjaan yang layak adalah komponen penting untuk membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kita memiliki target untuk meningkatkan empat kali lipat jumlah lapangan kerja pada tahun 2024.

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yang dikoordinasikan oleh Pusat Kewirausahaan dan Relasi Industri (PKRI) FEB UNAIR yang diketuai oleh Dr. Tri Siwi Agustina, SE.,M.Si. dan Workshop Entrepreneur Business Society (WEBS) FEB UNAIR menyelenggarakan Program Pelatihan Digital Marketing untuk para UMKM, Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi), para dosen, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) (02/09/2022), guna menumbuhkan jiwa juang dari para penggerak ekonomi kreatif muda/UMKM, untuk pantang menyerah, terus mau belajar, berani menghadapi resiko, terus berinovatif, mempunyai daya saing, hingga mampu mencetak lapangan kerja baru.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA (sekaligus Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional/Gekrafs), yang secara langsung memberikan tips-tipsnya untuk para UMKM/para penggerak ekonomi kreatif muda Jawa Timur, dalam pemulihan ekonomi kreatif di Indonesia Dalam mensukseskan visi Indonesia Emas 2045, 

Menurut Sandiaga Uno, “Generasi Z, harus punya 3S, dimana S yang pertama yaitu up-skilling, re-skilling, dan new-skilling untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia.” Dan tips lainnya yang diberikan menurut Sandiaga Uno, “Kalau ingin sukses, harus bisa inovatif, adaptif, dan kolaboratif. Kalau ingin sukses, harus berani ambil resiko. Kalau ingin sukses, harus menjalin relasi dan networking. Kalau ingin sukses, harus asah soft skill. Kalau ingin sukses, harus memiliki 4 As yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas”.

Dalam mendukung perkembangan digital marketing pada UMKM, Bapak DR. Edgar Noya Cosa Aranda dari Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs)  juga turut memberikan ilmu tentang digital marketing dan branding di sosial media kepada para UMKM, tenaga pendidik, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Dalam sesi materinya juga, Bapak Edgar menyatakan bahwa “Mulailah dari 0 Rupiah untuk berbisnis”. Beliau menyatakan bahwa, bisnis tidak selalu harus mengeluarkan modal yang sangat besar. Namun dengan modal mulai dari 0 rupiah kita bisa bisa memulai bisnis dengan cara menjadi dropshipper. 

 

Sebagai penutup acara, Universitas Airlangga beserta Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs)  menyerahkan cinderamata kepada Pak Sandiaga Uno sebagai tanda terima kasih telah berpartisipasi dalam program Pelatihan Digital Marketing kepada para UMKM dan mahasiswa. Dilanjut dengan Pak Sandiaga Uno mengunjungi display UMKM yang datang dan mempersilahkan para UMKM untuk berfoto bersama sembari menunjukkan produk-produknya. Hal ini bertujuan untuk membantu dan mendukung para UMKM dalam memasarkan produknya agar perekonomian di Indonesia khususnya pada ekonomi kreatif dapat meningkat.

 

  Foto bersama salah satu UMKM dan produknya

Penyerahan cinderamata oleh Rektor dan dekan FEB UNAIR




Ayo Sukseskan bersama !
Bersinergi dengan hati, tuk Cetak, SDM Ekonomi Creatif yang Berkualitas dan Berdaya Saing

Salam dari Kami Ksatriya Airlangga,
FEB SATU – UNAIR HEBAT
BERSINERGI TUK IBU PERTIWI
FEB SATU UNTUK UNAIR DAN INDONESIA
EXCELLENCE WITH MORALITY UNTUK INDONESIA