23 Mar 2022 KulTam Prof Narayan

Pada hari rabu, 23 Maret 2022, Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga mengadakan kuliah tamu dengan topik “Teknik sampling dan aplikasinya pada penelitian empiris” dengan pembicara Dr. Narayan Sethi dari National Institute of Technology Rourkela, India. Acara ini dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Unair, Rossanto Dwi Handoyo, Ph.D dan dimoderatori salah satu dosen mata kuliah Statistika, Shochrul Rohmatul Ajija, S.E., M.Ec. 

 

Pada kuliah tamu ini, Rossanto Dwi Handoyo, Ph.D mengawali sambutannya dengan menjelaskan profil singkat dari Departemen Ilmu Ekonomi dan Universitas Airlangga secara keseluruhan. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa penguasaan alat kuantitatif seperti statistika sangat relevan dan dibutuhkan oleh mahasiswa Ekonomi Pembangunan dalam memahami fenomena-fenomena ekonomi di sekitar kita. Rossanto juga mengharapkan dengan adanya kuliah tamu bertajuk teknik sampling ini mahasiswa dapat belajar dan memahami berbagai metode sampling yang ada dan dapat menggunakannya dalam riset-riset ekonomi. Harapan akhirnya, proses penelitian (skripsi) dari para mahasiswa menjadi lebih cepat karena pemahaman alat-alat statistik yang lebih baik. Sebelum menutup sambutannya, Rossanto juga menyampaikan harapannya agar dilakukan kerjasama lebih lanjut antara Dr. Narayan Sethi dengan Departemen Ilmu Ekonomi dalam berbagai bentuk seperti joint research atau joint publication hingga program adjunct professor.

 

Dalam kuliah tamu yang dihadiri oleh dosen-dosen dari Departemen Ilmu Ekonomi dan sekitar 120an mahasiswa dari program studi S1 Ekonomi Pembangunan ini, Dr. Narayan Sethi menjelaskan beberapa point penting dari teknik sampling. Pertama adalah berkaitan dengan konsep sample, populasi, elemen, sample frame, ukuran sampel dan juga sensus. Kemudian ia juga menjelaskan tentang keuntungan dari penggunaan sampling dalam penelitian bidang sosial ekonomi. Ketiga, Dr. Narayan mengelaborasi berbagai prosedur sampling dan jenis-jenis sampling itu sendiri.

 

Dari materi yang disampaikan, Dr. Narayan juga menekankan bahwa sampling merupakan sebuah proses memilih elemen atau anggota dari populasi sehingga saat menganalisis sampel, seorang peneliti dapat melakukan generalisasi hasil dari analisis sampel tersebut juga berlaku pada populasi. Selanjutnya, Dr. Narayan juga menyebutkan berbagai manfaat dari dilakukannya sampling terhadap objek penelitian seperti membutuhkan waktu yang relatif sedikit, biaya yang juga lebih murah, dan aspek kenyamanan.

 

Di Akhir penyampaian materi, moderator memberikan kesempatan kepada para peserta kuliah tamu untuk menanyakan berbagai pertanyaan. Muncul berbagai macam pertanyaan dari mahasiswa dan dosen yang hadir dalam acara itu. 

 

Di Akhir kuliah tamunya, Dr. Narayan Sethi menyampakain terima kasih atas undangannya dan beliau sangat welcome terhadap kemungkinan adanya potensi kerjasama antara Departemen Ilmu Ekonomi dan kampus dimana beliau mengajar. /by www.