(FEB NEWS) Senin, 28 Maret 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) kembali menerima kunjungan studi banding, kali ini dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB UNRAM), secara offline dari AULA Tirtodiningrat, Lantai 2 - FEB UNAIR.

Tim dari FEB UNRAM terdiri dari 6 orang, yang dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I  - FEB UNRAM – Diswandi, SE., MSc., Ph.D., yang beranggotakan: 1.) Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan - Dr. Luluk Fadliyanti, SE., M.Si; 2.) Ketua Jurusan Manajemen - Dr. Baiq Handayani Rinuasatuti, SE, MM.; 3.) Ketua Jurusan Akuntansi - Baiq Anggun Hilendri Lestari, SE., Ak., M.Si., 4.) Ketua Gugus Penjamin Mutu FEB UNRAM - Animah, S.E., M.Si. dan; 5.) Staf Penjamin Mutu - Nani Sumiarsih, S.P.

G:\2022\37. STUDI BANDING - MATARAM\2. KUNJUNGAN STUDI BANDING - FEB UNRAM.png

Tim dari FEB UNRAM, dari kiri ke kanan: 1.) Wakil Dekan I  - FEB UNRAM – Diswandi, SE., MSc., Ph.D.; 2.) Ketua Jurusan Akuntansi - Baiq Anggun Hilendri Lestari, SE., Ak., M.Si.; 3.) Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan - Dr. Luluk Fadliyanti, SE., M.Si; 4.) Ketua Jurusan Manajemen - Dr. Baiq Handayani Rinuasatuti, SE, MM., 5.) (baris ke-2, dari kiri) Ketua Gugus Penjamin Mutu FEB UNRAM - Animah, S.E., M.Si. dan 6.) (baris ke-3) Staf Penjamin Mutu - Nani Sumiarsih, S.P.

Rombongan dari FEB UNRAM, diterima dengan baik, oleh Dekan FEB UNAIR - Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA., dengan didampingi oleh, para wakil dekan: 1.) Wakil Dekan  I - Dr. Wisnu Wibowo; 2.) Wakil Dekan II - Dr. Nisful Laila; 3.) Wakil Dekan III - Dr. Ahmad Rizki Sridadi; dan juga para Koordinator Program Studi S1 (KPS Prodi S1) FEB UNAIR: 1.) KPS Prodi S1 Ekonomi Pembangunan - Rumayya, SE.,M. Reg. Dev., Ph.D.; 2.) KPS Prodi S1 Manajemen - Dr. Dien Mardiah, SE., MSi. Dan; 3.) KPS S1 Prodi Akuntansi - Alfiyatul Qomariyah, S.Ak., MBA., Ph.D.

G:\2022\37. STUDI BANDING - MATARAM\3. KUNJUNGAN STUDI BANDING - FEB UNRAM.png

Tim FEB UNAIR, dari Kanan ke kiri: 1.) Dekan FEB UNAIR - Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA.; 2.) Wakil Dekan  I - Dr. Wisnu Wibowo; 3.) Wakil Dekan III - Dr. Ahmad Rizki Sridadi; 4.) Wakil Dekan II - Dr. Nisful Laila; 5.) KPS Prodi S1 Ekonomi Pembangunan - Rumayya, SE.,M. Reg. Dev., Ph.D.; 6.) KPS S1 Prodi Akuntansi - Alfiyatul Qomariyah, S.Ak., MBA., Ph.D.; dan 7.) KPS Prodi S1 Manajemen - Dr. Dien Mardiah. 

 

Diswandi, SE., MSc., Ph.D., menyampaikan dalam sambutannya, bahwa tujuan dari kunjungan FEB UNRAM adalah untuk belajar mengenai bagaimana strategi pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama) dari FEB UNAIR, khususnya di IKU ke-6; ke-7 dan ke-8, sehingga bisa diamati, ditiru dan dimodifikasi.

 

Dalam tanggapannya, Dr. Wisnu Wibowo, menyampaikan bahwa sebenarnya dari setiap Universitas, pasti sudah mempunyai pencapaian IKU yang banyak, namun pastinya akan tergantung dari recording-nya, reporting-nya dari pencapaian IKU tersebut. Sehingga yang menjadi  “kunci”, menurut Dr. Wisnu Wibowo, dalam pencapaian IKU adalah “Rajin” saja. Rajin dalam mendokumentasikan dan Rajin dalam melaporkan, seperti pepatah, untuk IKU:   “Rajin Pangkal Prestasi”.


Lebih lanjut, Dr. Wisnu Wibowo. menyampaikan bahwa terdapat beberapa area yang mempunyai potensi bisa dikolaborasikan, sebagai strategi dalam pencapaian IKU, yaitu: 1.) IKU ke-2 yaitu MBKM, mahasiswa berkegiatan di luar kampus, 2.) IKU ke-3, yaitu Dosen berkegiatan di luar kampus, baik dalam bidang pengajaran, ataupun pengabdian masyarakat bersama, dengan desa binaan bersama, yang mana outputnya bisa menjadi sesuatu yang real dan impactful, serta 3.) IKU ke-6, yaitu Program Studi yang Bekerjasama, dimana kerjasama yang terjalin harus turun sampai ke program studi, artinya program studi harus bisa menjalin kerjasama dengan  Badan Usaha, Sektor Swasta di level Nasional/Internasional, ataupun Perguruan Tinggi yang masuk Level Dunia.

 

Menyambung pernyataan dari Dr. Wisnu Wibowo, maka Dr. Ahmad Rizki Sridadi, menyatakan bahwa pada prinsipnya, dokumen kerjasama memang harus mendukung, sebagaimana tagline dari penjaminan mutu, “melakukan apa yang ditulis dan menulis apa yang dilakukan”. “Itu yang memang perlu dilakukan” menurut Dr. Ahmad Rizki Sridadi. Lebih lanjut Dr. Ahmad Rizki Sridadi, menyampaikan bahwa Pengabdian Masyarakat, bisa menjadi pintu masuk kerjasama, yang sekaligus bisa dikolaborasikan juga dengan berbagai pihak, seperti komunitas di daerah tersebut, untuk kemudian  diteruskan ke bidang penelitian.

 

Sementara Dr. Nisful Laila, menyatakan bahwa dalam pencapaian IKU, maka kerjasama antara 2 (dua) Universitas atau lebih, akan menjadi lebih mudah. Kerjasama bisa dilakukan dalam bentuk, Pengabdian Masyarakat, Research dan lain-lain.

 

Senada dengan Wakil Dekan I, II dan III FEB UNAIR, Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA., menyatakan, bahwa FEB UNAIR sangat terbuka untuk melanjutkan kerjasama dengan FEB UNRAM di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lain, mengingat kerjasama antara FEB UNAIR dengan FEB UNRAM sudah terjalin sejak lama,   sehingga bisa menjadi Universitas, yang sama-sama menyumbangkan SDM UNGGUL untuk Indonesia.

 

Salam dari Kami, FEB UNAIR

Bersinergi dengan hati, untuk mencetak SDM UNGGUL untuk Indonesia.

 

#KunjunganStudiBandingFebUnram@FebUnair
#FebUnram
#FebUnair
#FakultasEkonomiDanBisnisUnair
#UniversitasAirlangga
#BersinergidenganHati
#FEBSatu
#UNAIRHebat
#ExcellenceWithMoralityUntukIndonesia