(FEB NEWS) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hadir di Universitas Airlangga (UNAIR) dalam rangka berbagi ilmu mengenai keuangan berkelanjutan, sebagai salah satu upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang akan memberikan dampak positif di masa depan. 

Selasa, 15 Maret 2022, dari Aula Fadjar Notonegoro, Lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR), “Peran Manajemen Risiko untuk Mendorong Akselerasi Keuangan Berkelanjutan”, sebagai tema, dikupas dalam kuliah umum, yang merupakan kerjasama antara FEB UNAIR dengan OJK Institute Otoritas Jasa Keuangan, dengan menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak. – Rektor Universitas Airlangga, untuk memberikan Pengantar Kuliah Umum dan menghadirkan 2 (dua) orang pembicara: 1.) Prof. Wimboh Santoso, SE., MSc., Ph.D. – Ketua Dewan Komisioner OJK; 2.) Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA. – Dekan FEB UNAIR, dan dipandu oleh Moderator Dr. Gancar Candra Premananto – Ketua Departemen Manajemen FEB UNAIR.

Dalam acara yang diselenggarakan secara hybrid tersebut, dihadiri oleh Para Wakil Dekan FEB UNAIR, Para Pengelola FEB UNAIR, Dosen, Guru Besar, Para Parktisi, Para Perbankan,  Mahasiswa Program Sarjana, Magister dan Doktor baik dari UNAIR maupun mahasiswa dari luar UNAIR (Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas, UPN Veteran Jawa Timur, STIE Al-Ishlah Cirebon).

Selain Kuliah Umum, dalam acara tersebut juga dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara FEB UNAIR dengan OJK Institute Otoritas Jasa Keuangan, tentang Program Magang Belajar Kampus Merdeka di Otoritas Jasa Keuangan, yang ditandatangani oleh: Dr. Agus Sugiarto, S.H., M.B.A – Kepala Departemen OJK Institut dan Prof. Dr. Dian Agustia SE., MSi., Ak., CMA., CA. serta disaksikan langsung oleh: Prof. Wimboh Santoso, SE., MSc., Ph.D. dan Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak.

G:\2022\25. OJK\RABU, 19 Januari 2022.png

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama - Program Magang Belajar Kampus Merdeka di Otoritas Jasa Keuangan – Oleh Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA. – Dekan FEB UNAIR dan Dr. Agus Sugiarto, S.H., M.B.A – Kepala Departemen OJK Institut (No.2 dari kiri), yang disaksikan langsung oleh Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak. – Rektor Universitas Airlangga (kanan) dan Prof. Wimboh Santoso, SE., MSc., Ph.D. – Ketua Dewan Komisioner OJK (kiri), dalam acara Kuliah Umum, “Peran Manajemen Risiko untuk Mendorong Akselerasi Keuangan Berkelanjutan”, pada Selasa, 15 Maret 2022.

Dalam Pengantarnya, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak. menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari pendidikan di Universitas Airlangga adalah meningkatkan relevansi, bagi para lulusannya. UNAIR mengharapkan, tidak ada satupun dari lulusannya, yang kemudian tidak relevan dengan dunia yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang.  Sesuai dengan tema yang diambil dalam kuliah tamu yaitu berkaitan dengan akselerasi keuangan berkelanjutan, menurut Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., “tema berkelanjutan, saat ini adalah menjadi isu utama dunia. Seperti halnya di PBB  kita mengenal adanya Sustainable Development Goals (SDGs)”, dimana merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan, yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Berkaitan dengan keberlanjutan, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak. Mengemukakan bahwa “di UNAIR juga ada, yang kita kenal dengan Smart University, dimana di dalamnya ada program yang disebut dengan “Sustainable Education for All ”, sebagai bagian dari tema strategis di bidang pendidikan”. 

“UNAIR bertekat untuk terus meningkatkan relevansi keilmuan dari para lulusannya, dan karenanya hubungan yang baik, kemitraan yang baik dan kolaborasi yang baik antara akademisi, dan dunia praktisi (yang berkaitan dengan ekonomi, seperti OJK, BI, juga industri) sangat - sangat diharapkan”, demikian sambung Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., di akhir pengatar kuliah tamu, pada siang hari itu.

Prof. Wimboh Santoso, SE., MSc., Ph.D. juga mengemukakan, di sela-sela kuliah tamunya, bahwa OJK siap mendukung/berkolaborasi dengan UNAIR khususnya FEB UNAIR untuk menjalin kerjasama secara lebih luas lagi, yang bisa dimulai dari program studi, yang mana kaitannya dengan Sustainable Finance, dan basisnya bisa pada publikasi OJK yang berkaitan dengan Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance).

G:\2022\25. OJK\3. KULTAM OJK & PENANDATANGANAN PKS SELASA 15 MARET 22.png 

Bak gayung bersambut, Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA., menyampaikan tanggapannya, akan tanntangan dari Prof. Wimboh Santoso, SE., MSc., Ph.D., mengenai respon ataupun tanggapan dari FEB UNAIR, bahwa FEB UNAIR telah menyikapi akan kebutuhan kompetensi teknis sebagaimana yang diinginkan oleh International Education Standard (IES) 2021, melalui redesign kurikulumnya. dimana pada Program Pendidikan Profesi Akuntan telah memasukkan konten Mata Kuliah Governance, Risk Management and Internal Control,  juga tidak kalah pentingnya, mengenai Konten Mata Kuliah Information and communication tehnologies, dalam perkuliahannya.

G:\2022\25. OJK\4. KULTAM OJK & PENANDATANGANAN PKS SELASA 15 MARET 22.png

 

Lebih dari itu, Prof. Dr. Dian Agustia., SE., MSi., Ak., CMA., CA, juga mengemukakan akan rencana-rencana strategis dari FEB UNAIR, untuk membuka Program Studi Baru yaitu Program Studi Magister Manajemen Resiko, di awal Semester Tahun 2022. FEB UNAIR  akan menjalin kerjasama lebih erat lagi dengan OJK  baik dalam pengembangan Sumber Daya Manusianya, maupun di dalam sertifikasinya. 

 

Salam dari kami UNAIR khususnya FEB UNAIR, Bersinergi dengan hati, Mencetak SDM Unggul untuk Indonesia.

Terdapat 5 (lima) berita dengan topic yang sama yang ditulis media lainnya, yang bisa disimak, yaitu:
1. https://www.antarafoto.com/bisnis/v1647345906/kerja-sama-ojk-dengan-unair

2. https://www.inews.id/multimedia/photo/kuliah-umum-ketua-dewan-komisioner-ojk-wimboh-santoso-di-feb-unair-surabaya

3. https://www.antarafoto.com/bisnis/v1647346213/kuliah-umum-ketua-dewan-komisoner-ojk-di-unair

4. https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-5984842/perkuat-sektor-jasa-keuangan-di-jawa-timur

5. http://news.unair.ac.id/2022/03/16/feb-unair-dan-ojk-institute-jalin-kerja-sama-dukung-mbkm/

 

#KuliahUmumOjkInstitutediFebUnair
#PenandatangananPksAntaraFebUnair&OjkInstitute
#ProgramMagangBelajarKampusMerdekadiOtoritasJasaKeuangan
#FakultasEkonomiDanBisnisUniar
#OjkInstituteOtoritasJasaKeuangan
#BersinergiDenganHati
#FEBSatu
#UNAIRHebat
#SukseskanMBKM
#ExcellenceWithMoralityUntukIndonesia
#SDG’s4,17