(FEB NEWS), Sabtu, 29 Januari 2022, International Undergraduate Programme (IUP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (IUP FEB UNAIR), dibawah kepemimpinan Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, SE., M.Acc., M.Sc., Ak. – Koordinator IUP FEB Universitas Airlangga, menyelenggarakan Acara IUP - ONLINE OPEN HOUSE, dengan mengambil Tema: MEMILIH JURUSAN KULIAH SESUAI KEPRIBADIAN???

Acara yang dihadiri oleh Para Guru, Orang Tua, juga siswa/siswi SMA, tersebut menghadirkan seorang Narasumber Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog – Psikolog Klinis dan Kesehatan Mental Universitas Airlangga. 

Dalam acara tersebut, Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, SE., M.Acc., M.Sc., Ak. menjelaskan beberapa hal mengenai International Undergraduate Programme (IUP) FEB Universitas Airlangga.  Menurut  Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, SE., M.Acc., M.Sc., Ak., “Acara ini, merupakan acara reguler, yang dalam 1 (satu) tahunnya, bisa diselenggarakan antara 2-3 kali’’ Acara ini digelar di Bulan Januari 2022, bertepatan dengan tengah dibukanya pendaftaran untuk Gelombang pertama mulai tanggal 17 January – 28 February 2022, sehingga para calon mahasiswa bisa mempersiapkan segala persyaratannya mulai dari sekarang, Adapun pada Gelombang ke-2 (dua), sekitar 19 June – 20 July 2022, IUP FEB UNAIR juga akan menyelenggarakan Acara Open House kembali.

Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, SE., M.Acc., M.Sc., Ak. menuturkan bahwa FEB UNAIR merupakan fakultas yang menawarkan Program Studi terbanyak, dimana Program studi yang ditawarkan yaitu 1.) International Undergraduate Programme in Management (IUP in Management), 2.) International Undergraduate Programme (IUP) in Accounting (IUP in Accounting), dan 3.) International Undergraduate Programme (IUP) in Islamic Economics.

Lebih lanjut, Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, SE., M.Acc., M.Sc., Ak. menjelaskan bahwa untuk bisa mengetahui/mendapatkan semua informasi pendaftaran secara komplit bisa melihat/menjelajah melalui website : https://iup.unair.ac.id/, Semua informasi mulai dari Programt Studi yang ditawarkan, Persyaratan apa saja yang dibutuhkan, Biaya Kuliah, dan juga Jadwal Pendafatarnnya, ada di sana.

Adapun bila ingin mengetahui informasi detail tentang IUP FEB UNAIR, yaitu mengenai Scholarships, kurikulum, Event, Brosur, informasi tentang Current Student, maka tinggal buka website khusus yang ekonomi yaitu: https://iup.feb.unair.ac.id/.

Dr. Devi Sulistyo Kalanjati, SE., M.Acc., M.Sc., Ak. mengemukakan, dimasa yang serba online saat ini, maha diharapkan agar siswa-siswi jaman sekarang untuk bisa pandai-pandai dalam memanfaatkan secara optimal, website yang telah disediakan baik oleh Universitas Airlangga, maupun website FEB UNAIR.

Selanjutnya memasuki sesi Inti, dalam pemaparan yang disampaikan oleh Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog – Psikolog Klinis dan Kesehatan Mental Universitas Airlangga, menyampaikan materinya yang bertema: “Optimalkan Potensi Diri memilih Jurusan dengan Pasti”.

Sebagai pengantar, Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, mengemukakan “Sebenarnya, bukan soal saya cocoknya di mana?, tetapi, saya mau mengembangkan diri saya itu, menuju kecocokan yang seperti apa?”, dimana kepribadian seorang pelajar yang memang masih berusia antara 15-16 tahun, masih akan berkembang. Untuk itulah maka Afif Kurniawan mengingatkan untuk tidak terlalu kaku dalam menentukan pilihan jurusan.

Memilih Jurusan, menurut Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, adalah suatu keputusan yang besar, karena pada saat itulah merupakan moment bagi para pelajar semuanya “berhadapan dengan suatu gerbang”, untuk suatu pengambilan keputusan mengenai masa depan. Masa depan menurut Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, tidaklah melulu karir, namun pada saat itu (memilih jurusan), justru mungkin adalah pertama kali diberikan kebebasan oleh orang tua untuk mengambil keputusan memilih jurusan. Itu adalah momen besar bagi para siswa pelajar. Adapun reaksi ataupun responya juga bisa bermacam-macam. Ada yang berjalan sangat baik/baik baik saja sampai dengan kuliah, ada yang tidak begitu bagus, dan bahkan ada yang bisa berujung konflik dengan orang tua, dsb.

Pengambilan keputusan tersebut akan menjadi tanggung jawab dari siswa selama 4 tahun ke depan/selama kuliah, sehingga perlu pertimbangan yang baik, dan ambil keputusannya juga dengan baik.

Lebih jauh lagi, Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog menyampaikan mengenai fakta-fakta yang terjadi pada banyak calon mahasiswa di saat menjelang pemilihan jurusan, diantaranya: 1) Kecemasan, 2) Bingung, 3) Pemikiran Negative, 4) Komunikasi dengan Orang Tua yang Buruk, 5) Rasa Percaya Diri yang Menurun, 6) Gangguan Makan dan Minum, dan Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, bagaimana cara menyikapi fakta-fakta tersebut.

Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, juga mengajak para peserta untuk memunculkan pemikiran otomatis mereka, seputar memilih jurusan/ketakutan-ketakutan yang muncul menjelang masuk perguruan tinggi, sehingga dari pemikiran-pemikiran tersebut, Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, bisa membantu mencarikan cara/pendekatan apa yang bisa dioptimalkan dari diri untuk menyelesaikannya. 

Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog, juga membagikan metode-metode apa yang bisa dilakukan untuk melawan segala pemikiran-pemikiran yang negatif yang muncul. Selain itu, juga diberikan 5 tip dalam memilih program studi: 1) Filter and Research, 2) Choose a programe you’re interested in, 3) Play by your strengths and skilles, 4) Follow your Heart, and 5) Reflect

Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog menjelaskan dalam memfilter suatu pilihan program studi dari berbagai informasi yang telah digali, baik dengan diskusi maupun melalui informasi melalui internet, maka ada beberapa hal  yang perlu diingat “cari yg anda memang punyak minat di dalamnya, minat itu bukan berarti passion. Pasion adalah segala hal yang kita senangi, maka dalam memilih, dahulukan minat. Karena kalau anda berminat maka anda akan memperjuangkannya untuk berhasil, meskipun ada kesulitan-kesulitan yang hadir, maka anda akan berusaha untuk mengatasinya/menghadapinya. Tapi Kalau pasion, dimana seandainya pasionya adalah kenyamanan, maka sekali saja menemukan ketidak nyamanan, motivasi anda akan turun.

Di akhir paparannya, Afif Kurniawan, M.Si., Psikolog menyampaikan bahwa kunci berproses dalam pemilihan jurusan adalah:

  1. Research and filter. Cari tahu sebanyak mungkin informasinya, kemudian filter sesuai dengan potensi yang dimiliki, diskusikan dengan guru BK ataupun Spicolog Perkembangan.
  2. Choose and communicate. Lakukan diskusi dengan keluarga, perbaiki komunikasi, saling menerima dan mendengarkan, mari para orang tua bersama sama mengembangkan kemampuan mendengarkan dengan baik pada filter yang telah anak/siswa bangun.
  3. Personality and Grit. Ayo sama-sama bertumbuh, sama sama berkembang dan menentukan grit ketekunan yang kita miliki, agar kita bisa tajam dalam menghadapi akan apa yang harus dilakukan.
  4. Determination and Direction. Setelah pilihan sudah ditentukan, maka kemudian, persiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

Salam, pilihlah Jurusan-mu dengan bijaksana, sesuai dengan minatmu, kenali diri sebaik mungkin dan optimalkan segala kemampuan diri, mari kembangkan pola pikir yang terus bertumbuh, perbaiki komunikasi. Semoga pilihanmu adalah yang terbaik buatmu.

#onlineopenhouseiupfebunair2022
#iupfebunair
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#universitasairlangga
#smartuniversity
#smartfaculty
#bersinergidenganhati
#febsatu
#unairhebat
#excellencewithmoralityuntukindonesia