Acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan acara final dari prosesi berbagai skema perlombaan PKM, mulai dari PKM-RE (Riset Eksakta), PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI). PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC). PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI). dan PKM-K (Kewirausahaan).

PIMNAS sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas dibidang ilmunya masing-masing. Pada tahun 2021 ini, seperti juga pada tahun 2020, kegiatan PIMNAS dilaksanakan secara blended (daring-luring), dimana panitia dan tim juri PIMNAS luring di Perguruan Tinggi Penyelenggara, sementara tim PKM yang lolos PIMNAS daring dari lokasi masing-masing. Meskipun dilaksanakan secara daring, tim mahasiswa pelaksana PKM tetap dituntut agar mampu menunjukkan level tertinggi kreativitas dan kemanfaatan produk intelektualnya.

PKMK b 2

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan Perguruan Tinggi dan merupakan forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa melalui jalur PKM dan non PKM. Pada PIMNAS tahun ini telah ditetapkan Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah pelaksana PIMNAS ke 34 tahun 2021.

Haflan Alfiri Widrayat (S1 Manajemen 2017 FEB UNAIR) mengikuti PKM-K Kewirausahaan, bersama dengan 4 anggota dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST UNAIR), dengan judul Produk WACO GEL : Solusi Alternatif Bahan Bakar Padat Masa Depan Berbasis Minyak Jelantah sebagai Wujud Indonesia Mandiri Energi. Yaitu membuat produk bahan bakar padat alternative dari minyak jelantah yang dipadatkan.

Berkolaborasi dengan mahasiswa FST yang fokus pada bagaimana produksi produk terkait dengan reaksi-reaksi kimia yang dibutuhkan, Haflan berkontribusi untuk menyiapkan analisis ekonomi dan keuagan serta lingkup manajemen seperti marketing, sumber daya manusia, keuangan dan operasional bisnisnya. Tingkat intensitas pendampingan kian naik dan intensif karena mendapat arahan dan simulasi presentasi berulang kali oleh dosen TPK dan dosen yang ditunjuk oleh Universitas.

Dari 5 anggota tim hanya 2 yang melakukan presentasi, Haflan (FEB UNAIR) dan Muhammad Anang Jazuli (FST UNAIR) selaku ketua tim.

PKMK a 2

Proses alur PKM dimulai dari seleksi proposal tingkat fakultas, seleksi proposal tingkat universitas, seleksi proposal tingkat nasional, pengumuman pendanaan, program PKM diimplementasikan selama 4 bulan, pengumpulan laporan kemajuan, pengumuman tembus pimnas, pengumpulan laporan akhir dan artikel ilmiah, presentasi di pimnas, dan terakhir pengumuman juara pimnas.

piagam PKMK 2