feb unair himaepHIMA Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan Pelatihan STATA yang akan difasilitasi oleh Departemen Keilmuan dalam rangka memenuhi
keahlian dalam bidang statistik dan pengelolaan data. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta yang terlibat mendapatkan edukasi bagaimana mengolah data melalui tools “stata” untuk bekal di dunia kerja nanti.
Pelaksanaan pelatihan STATA ini juga turut mendukung terwujudnya SDGs tujuan ke
4,8 dan 17. Tujuan ke 4 berbunyi “Kualitas pendidikan”, pendidikan berkualitas harus
menjadi salah satu area yang menjadi keunggulan universitas. Pendidikan adalah pintu
gerbang utama untuk keluar dari ketidaksetaraan, terutama permasalahan ketidaksetaraan yang multi-generasi. Dimana Pelatihan Stata mewadahi individu untuk dibekali cara
bagaimana menggunakan tools ‘stata’ yang digunakan sebagai alat pengelolahan data.
Tujuan ke 8 : Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dimana adanya Pelatihan Stata dapat mempersiapkan kualitas manusia yang unggul dalam mengolah data untuk produktivitas yang tinggi demi pertumbuhan ekonomi agar terus berkembang. Dan yang terakhir dalam tujuan ke 17 : Kerjasama untuk mencapai tujuan. Dimana Pelatihan Stata kali ini akan bekerjasama dengan RISED (Research Institute of Socio-Economic Development), untuk menghadirkan pengajar yang unggul dalam menggunakan tools STATA untuk output peserta yang maksimal.
Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa Ekonomi Pembangunan UNAIR. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 18-19 Mei 2024 yang dilakukan online via Zoom. Indikator keberhasilan pelatihan ini adalah peserta yang hadir minimal 65 orang/hari dan 85% peserta dapat memberi penilaian baik pada survei untuk pemateri dan pelaksanaan acara yang sudah dikalkulasikan dalam Customer Satisfication Index oleh Internal Control.