Title: ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI KAIN TENUN IKAT DI KOTAMADYA KUPANG
Authors: Yeheskial Nggandung
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya selain dipengaruhi oleh faktor internal juga dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kebutuhan konsumen terhadap kain tenun ikat secara terus menerus mengalami peningkatan baik dalam kuantitas maupun kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor faktor budaya, kelas sosial, kelompok acuan, motivasi, produk, harga, tempat dan pelayanan; dan untuk mengetahui faktor yang sangat signifikan berpengaruh terhadap keputusan konsurnen dalam membeli train tenun ikat di Kotamadya Kupang. Penelitian dilakukan terhadap 140 responden (konsumen) yang berbelanja pada 4 (empat) art shop yang terdapat di Kupang. Pengambilan sampel dilakukan secara aksidental dengan mempertimbangkan kondisi keuangan rumah tangga konsumen yakni kondisi keuangan kuat, sedang dan lemah. Model analisis yang dipergunakan yakni model analisis regresi linier berganda dan selain itu pula dilakukan evaluasi ekonometri untuk mengetahui ada tidaknya penyimpangan terhadap asumsi klasik yang merupakan dasar dari model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor faktor budaya, kelas sosial, kelompok acuan, motivasi, produk, harga, tempat dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli kain tenun ikat di Kotamadya Kupang. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung lebih besar dari F tabel. (80,568 > 2,00 1) dengan probabilitas kurang dari 0,05 (0,000E+00 < 0,05). Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa : diduga bahwa faktor budaya mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli kain tenun ikat di Kotamadya Kupang dapat diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien parsial variabel budaya yang sangat tinggi yakni 0,4068 atau 40,68%, angka probabilitas yang kurang dari 0,05(0,0000 < 0,05), dan T hitung lebih besar dari T tabel (9,478 > 1,645) pada tingkat signifikan alpha sebesar 0,05. Secara keseluruhan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung yakni 0,8311 atau 83,11%, sedangkan sisanya 16,89% dipengaruh oleh faktor lain di luar model.
Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Sources: http://repository.unair.ac.id/34932/