Title: ANALISIS BEBERAPA FAKTOR L1NGKUNGAN BISNIS YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR DI KOTAMADYA DAERAH TINGKAT II SURABAYA
Authors: SUGIYANTO
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Perusahaan Daerah Pasar didirikan sebagai alih status dari Dinas Pasar menjadi Perusahaan Daerah Pasar. Tujuan pendirian perusahaan ini adalah untuk memberikan pelayanan umum dalam bentuk penyediaan sarana perpasaran, memupuk pendapatan ciaerab dan memberikan lapangan kerja bagi masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh faktor lingkungan eksternal dan internalnya. Lingkungan eksternal merupakan lingkungan yang tak dapat dikendalikan perusahaan, sedangkan lingkungan internal merupakan lingkungan yang dapat dikendalikan perusahaan. Faktor-faktor yang dianalisis berkaitan dengan lingkung( ln eksternal dan lingkungan internal ini adalah : jumlab pedagang unit pasar, jumlah pedagang kaki lima disekitar unit pasar, jumlab sarana perpasaran lain, jumlah karyawan unit pasar, pendidikan kepala unit pasar dan masa kerja kepala unit p(lsar. Ontuk analisis ini digunakan suatu metoda statisti.k dalam bentuk model Regresi Linier BerganOa. Dari hasil analisis diperoleh persamaan : y = -184108398.128+208716.294X1-263123.l19X2-1722594.377X3+ 4822176.453X4+13334608.284X5+6215806.371X6. Dengan menggunakan uji F, diketahui nilai F hitung sebesar 99,454% berarti lebih besar dari F tabal sahasar (2,43), ini manunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antar-a faktor-faktor jumlah pedagang unit pasar, jumlah pedagang kaki lima di sekitar unit pasar, jumlah sarana perpasaran lain, jumlab karyawan unit pasar, pendidikan kepala unit pasar dan masa kerja kepala unit pasar terhadap pendapatan unit pasar, berarti hipotesis pertama terbukti. Kontribusi terbesar dari enam variabel tersebut terhadap pendapatan unit pasar ada1(1h jumlah pedagang unit pasar, terlihat dari uji t secara parsial diperoleh angka sebesar 84,11%, dengan demikian hipotesis kedua juga terbukti. Hasil perhitungan dengan menggunakan ANOVA, melihat perbedaan rata-rata pendapatan unit pasar satu cabang dengan cabang lainny(l menunjukkan tidak perbedaan Y(lng signifikan antara satu cabang dengan lainnya.h