Title: PENGARUH INOVASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PENGHINDARAN PAJAK
Authors: ANJELINA
Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi terhadap penghindaran pajak dan nilai perusahaan, serta menguji pengaruh penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2017, total sampel 133 perusahaan dengan 1025 observasi.Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan program STATA 13. Inovasi diukur menggunakan dua proksi yaitu jumlah paten dan intensitas R&D terhadap penjualan, sedangkan penghindaran pajak diukur dengan tiga proksi yaitu GAAP ETR (Effective Tax Rate), CETR (Cash Effective Tax Rate), dan BTD (Book Tax Difference); dan nilai perusahaan diukur dengan TobinsQ. Hasil penelitian ini yaitu (1) inovasi berpengaruh signifikan negatif pada penghindaran pajak, (2) penghindaran pajak berpengaruh signifikan positif pada nilai perusahaan, (3) inovasi berpengaruh signifikan positif pada nilai perusahaan, dan (4) penghindaran pajak bukan variabel mediasi pada hubungan inovasi dan nilai perusahaan. Penelitian ini membuktikan bahwa perusahaan yang memiliki banyak paten tidak melakukan penghindaran pajak, temuan ini bisa dilihat dari kecilnya selisih laba akuntansi dan fiskal pada perusahaan inovasi tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang berinovasi tidak mengalihkan labanya melalui penghindaran pajak untuk tetap berinovasi. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa semakin tinggi inovasi maka semakin tinggi nilai perusahaan tersebut, hasil ini mendukung teori sinyal yang menyebutkan bahwa inovasi merupakan sinyal positif bagi perusahaan karena inovasi mencerminkan kemampuan daya saing perusahaan, sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan.
Keywords: Ginnovation, R&D expenses scaled sales, patent, tax avoidance, firm value
Sources: http://repository.unair.ac.id/80359/