Title : ASIMETRI INFORMASI PADA FIRST SEASONED EQUITY OFFERING DI PASAR MODAL INDONESIA
Author : Harlina Meidiaswati
Item Type : Thesis (Disertasi)
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teori Signaling atau Teori Market Feedback yang lebih dapat menjelaskan hubungan Initial Public Offering (IPO) dengan First Seasoned Equity Offering (FiSEO) di Pasar Modal Indonesia. Temuan studi ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi investor dan calon investor untuk dapat mempertimbangkan karakteristik saham setelah IPO di Pasar Modal Indonesia. Bagi emiten hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang Pasar Modal Indonesia khususnya terkait kebijakan FiSEO, informasi asimetris dan faktor yang dapat perlu cermati terkait kebijakan FiSEO. Kajian terhadap 128 perusahaan sebagai obyek studi menunjukkan bahwa Teori Sinyal dengan proksi Market Adusted Initial Return (MAIR) dapat menjelaskan kecepatan FiSEO di Pasar Modal Indonesia. Berlakunya Teori Sinyal mengindikasikan di Pasar Modal Indonesia emiten memiliki pemahaman mengenai nilainya meskipun terbatas, dan berusaha menginformasikan nilainya saat melakukan IPO. Namun terkait nilai penawaran saat FiSEO, Teori Market Feedback lebih mampu menjelaskan kebijakan FiSEO dibandingkan Teori Sinyal. Kondisi ini dapat terjadi karena meskipun emiten memahami bisnis dan usahanya, namun pasar memiliki mekanisme berbeda dalam menilai emiten. Sebagai pemain baru di pasar modal emiten yang tidak terlalu paham bagaimana pasar menilai perusahaannya, memanfaatkan feedback dari pasar berupa pergerakan harga pasar saham sebagai pertimbangan untuk kebijakan perusahaan khususnya FiSEO. Hasil ini didukung kondisi Pasar Modal Indonesia yang masih didominasi investor asing dengan keterampilan dan pengetahuan berinvestasi lebih baik dibanding investor lokal. Temuan lain penelitian ini mengindikasikan pengaruh corporate lifecycle terhadap kecepatan melakukan FiSEO. Penelitian lanjutan dapat diarahkan untuk menjawab pertanyaan apakah FiSEO di Indonesia merupakan hal yang sudah direncanakan; merupakan keputusan untuk memanfaatkan momentum di pasar (Baker dan Wugler, 2002); atau dampak dinamika corporate lifecycle (DeAngelo et al., 2009, Hovakimian, 2010). Perlu dipertimbangkan pula penggunaan regresi kuantil untuk pengujian dengan distribusi data yang tidak homogen dan tidak berbentuk standar seperti pada penelitian ini.
Uncontrolled Keywords : IPO, FiSEO, informasi asimetri, Teori Signaling, Teori Market Feedback