YOUTH INNOVATION FORUM (YIF): YOUTH FOR THE FUTURE

by Global Youth Action

 

Youth Innovation Forum (YIF) 2022 diselenggarakan oleh salah satu Non-Governmental Organisation (NGO) yaitu Global Youth Action yang berfokus pada pemberdayaan pemuda/i Indonesia melalui konferensi internasional SDGs yang mendorong pemuda/i berpikir kritis, mengasah kreativitas dan kepekaan sosial, melatih komunikasi serta kolaborasi menjadi sebuah hal yang harus dimiliki oleh generasi muda di era yang semakin maju. 

ASEAN perlu mempercepat kemajuan 17 poin Sustainable Development Goals. Tujuan dari United Nation tahun 2030. Saat ini, ASEAN perlu mengejar pencapaian 17 poin SDGs pada tahun 2030. Sebagai generasi muda yang tinggal di kawasan ASEAN, memiliki tanggung jawab dan hak untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah yang ada dengan bertanggung jawab untuk membawa ASEAN khususnya Indonesia mewujudkan 17 poin SDGs tersebut.

Youth Innovation Forum merupakan platform bagi para pemimpin muda untuk sharing dan belajar tentang kegiatan inovasi ide yang implementatif untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs), serta mendorong pemuda untuk memberikan pengaruh positif di lingkungan sekitar yang dilaksanakan dengan mengangkat isu-isu SDGs dan kepemudaan. Youth Innovation Forum (YIF) akan diselenggarakan di Singapore, Malaysia, dan Thailand pada tanggal 6 Desember s/d 11 Desember 2022 dan berbayar. Nama dari kegiatan ini adalah Youth Innovation Forum (YIF): Youth For The Future. 

Pemuda merupakan pilar penting dalam pembangunan sebuah bangsa, semakin berkualitas pemuda, semakin terbuka potensi sebuah bangsa untuk menjadi negara yang maju dan berperadaban tinggi. Perlu diketahui bahwa tempat belajar dari pemuda tak hanya di bangku sekolah atau perkuliahan melainkan pemuda bisa belajar dimanapun berada dan kapanpun waktunya. Mahasiswa yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut yaitu La Erpiadin (042111433001) sebagai delegasi HIMA EKIS UNAIR. Kegiatan ini juga turut membantu Universitas Airlangga dalam mencapai poin SDGs 4 yakni pendidikan berkualitas (Quality Education), karena dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengembangan potensi dan memperluas wawasan mahasiswa baik secara nasional maupun internasional.