MODEL PENENTUAN TITIK IKLAN YANG TERBAIK BERBASIS PENGETAHUAN

Title: MODEL PENENTUAN TITIK IKLAN YANG TERBAIK BERBASIS PENGETAHUAN

Authors: RICKY LUTFIANANDA SYAMNIAR

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Pada penentuan titik iklan perusahaan perlu mengeksplorasi konsep Knowledge Management atau Manajemen Pengetahuan (MP) untuk diterapkan dalam hal penentuan titik pemasangan reklame. PT Teamwork Kreasi Indonesia dapat menerapkan konsep Knowledge Management yang dianggap mampu sebagai acuan untuk perumusan penentuan titik pemasangan reklame. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi yang terbaik untuk iklan produk rokok berdasarkan kriteria kemacetan jalan, dekat keramaian, durasi melihat, dan biaya murah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis cluster dan metode AHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi prioritas utama pada kriteria I kemacetan jalan terdapat pada kawasan Rungkut, SIER, Wadung Asri, Waru. Pada kriteria II dekat keramaian terdapat pada kawasan Rungkut, SIER, Wadung Asri, Waru. Pada kriteria III durasi melihat terdapat pada kawasan Darmo, Urip Sumoharjo, Panglima Sudirman. Pada kriteria IV biaya murah terdapat pada kawasan Bubutan, Perak, Indrapura. Secara keseluruhan formulasi sensitivitas goal berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa prioritas yang paling utama diperlukan dalam pemilihan titik lokasi iklan adalah Dekat Keramaian. Sedangkan berdasarkan kawasan menunjukkan bahwa prioritas utama terdapat pada Kawasan Rungkut, SIER, Wadung Asri, Waru

 

Keywords: Selection Criteria for Point Advertising, AHP

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/37228/

Hits 70

FEB UA