ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTIONS KARYAWAN DI PT. SAKALAGUNA SEMESTA TUBAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.

Title: ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTIONS KARYAWAN DI PT. SAKALAGUNA SEMESTA TUBAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.

Authors: MARTHA LAILA ARISANDRA

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Ditengah era globalisasi dan banyak perusahaan bermunculan, setiap orang bebas memilih pekerjaan yang mereka kehendaki, masing – masing perusahaan harus siap menerima turnover intentions dari karyawan, karena apabila tidak siap maka akan berdampak negatif dalam organisasi perusahaan tersebut, banyak faktor pengaruh yang menyebabkan turnover intentions, diantaranya adalah kepemimpinan transaksional, pengembangan karir, kompensasi dan masih banyak lagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Apakah masing – masing variabel kepemimpinan transaksional, pengembangan karir dan kompensasi berpengaruh langsung secara signifikan terhadap turnover intentions?, 2) Apakah masing – masing variabel kepemimpinan transaksional, pengembangan karir, kompensasi berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap turnover intentions melalui komitmen organisasional? Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas dan menggunakan analisis jalur. Langkah – langkah yang dilakukan adalah : 1) Uji asumsi model dimana asumsi yang harus dipenuhi adalah :1)Multikolinieritas data, 2)Heteroskedasitas, 4)Analisis jalur dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan dari variabel kepemimpinan transaksional mempunyai koefisien jalur sebesar -0,345 dan kompensasi mempunyai koefisien jalur -0,333 terhadap turnover intentions. 2) Terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan dari variabel kepemimpinan transaksional mempunyai koefisien jalur -0,131; pengembangan karir mempunyai koefisien jalur -0,164 dan kompensasi mempunyai koefisien jalur -0,183 terhadap turnover intentions melalui komitmen organisasional sebagai variabel intervening. Saran bagi perusahaan adalah : dalam mengurangi turnover intentions pada karyawan PT. Sakalaguna Semesta Tuban, sebaiknya pihak manajemen lebih menekankan pada penerapan kepemimpinan transaksional dan kompensasi yang harus dilaksanakan secara baik dan benar supaya bisa menciptakan komitmen organisasional pada diri karyawan, dengan begitu bisa mengurangi turnover intentions.

 

Keywords: Transactional Leadership, Career Development, Compensation, Organizational Commitment, Turnover Intentions.

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/38447/

Hits 61

FEB UA