Title: PERBEDAAN KINERJA AKUNTANSI BERDASARKAN TIPOLOGI STRATEGI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTED DI BEI PERIODE 2007-2010

Authors: Kristianto Harmawan

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Dalam kondisi yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi yang dapat menciptakan keunggulan bersaing. Miles dan Snow membagi strategi perusahaan menjadi empat tipe strategi, yaitu prospector,defender, analyzer, dan reactor, dengan prospector dan defender sebagai dua tipe strategi yang bertolak belakang. Penentuan strategi perusahaan baik prospector maupun defender akan berdampak terhadap kinerja perusahaan, terutama kinerja akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris perbedaan kinerja akuntansi antara perusahaan prospector dengan perusahaan defender. Kinerja akuntansi perusahaan diukur dengan empat variabel, yaitu pertumbuhan laba,pertumbuhan penjualan, dividen payout, dan return on investment. Perbedaan konsep siklus hidup produk digunakan untuk menganalisis perbedaan kinerja akuntansi perusahaan prospector dan defender. Seleksi perusahaan bertipologi prospector dan defender ditentukan menggunakan dua variabel kontrol, yaitu rasio pertumbuhan jumlah karyawan terhadap jumlah penjualan bersih (KARPEN) dan rasio Price to Book Value (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007 - 2010 dengan jumlah 123 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Seleksi sampel tipe prospector dan defender di analisis menggunakan Cluster Analysis terhadap dua variabel kontrol yang ada. Data kinerja akuntansi dalam penelitian ini di analisis menggunakan uji Mann-Whitney U dengan bantuan software SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 40 perusahaan sampel, 37 perusahaan bertipologi prospector dan 3 perusahaan bertipologi defender. Ratarata pertumbuhan laba dan pertumbuhan penjualan perusahaan prospector lebih besar daripada perusahaan defender namun hasilnya tidak signifikan. Dividend payout dan Return On Investmentperusahaan prospector lebih kecil daripada perusahaan defender dan terbukti signifikan.

 

Keywords: Prospector and Defender, Income Growth, Sales Growth,Dividend Payout, Return On Investment, Life Cycle Theory.

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/37098/

BERITA TERKINI

PENGUMUMAN AKADEMIK

KEGIATAN MAHASISWA

PELUANG KERJA