Internal Business and Paper Training (INTEREST)

  • By Humas FEB
  • In Hima EP
  • Posted 11 April 2019

Deskripsi Kegiatan Internal Business and Paper Training (INTEREST)

Internal Business and Paper Training (INTEREST) merupakan salah satu kegiatan dari program kerja Departemen Keilmuan dan Departemen Kewirausahaan yang di dalamnya terdapat serangkaian acara seminar dan workshop dengan mengusung tema “Tangible Evidence of  Writing Skill”. Adanya kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah dan mampu menyalurkan ide serta gagasan yang aktif dan  inovatif. Kegiatan inidilaksanakan pada tanggal 21-22 Maret 2019 di Aula Fadjar Notonegoro. Gambaran  dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Hari Pertama

Sebelum dimulainya kegiatan, semua panitia diminta berkumpul untuk melakukan briefing acara.  Kegiatan briefing dilaksanakan kira-kira pukul 11.00 WIB di koridor depan Aula Fadjar.

Acara dimulai dengan registrasi peserta sekitar pukul 12.00-13.00 WIB. Seluruh panitia mempersiapkan diri masing-masing sesuai tugasnya dan peserta sedikit demi sedikit mulai berdatangan. Presensi kehadiran peserta di hari pertama ini cukup banyak, bahkan hingga melebihi jumah yang seharusnya karena ada beberapa peserta yang mendaftar on the spot yang saat hari itu juga ikut di kegiatan ini. Setelah peserta diperkirakan sudah banyak yang hadir  ke dalam Aula. Acara dimulai dengan pembukaan acara oleh MC yaitu Nuri dan Kevin dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari KOC acara dianjutkan sambutan dari KAHIMA Ekonomi Pembangunan dan pembacaan serangkaian acara oleh MC.

Sekitar pukul 13.45 WIB acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Miguel selaku pembicara. Beliau menyampaikan motivasi kepada para audience yang hadir dengan antusias. Terlihat dari antusias para peserta yang hadir mendengarkan dengan saksama. Sekitar 30 menit beliau menyampaikan motivasi kemudian dilanjutkan oleh pembicara berikutnya yaitu Bapak Angga Erlando. Kehadiran Bapak Angga ini sebenarnya sebagai pengganti Bu Shochrul yang pada saat itu berhalangan hadir dikarenakan sakit. Sebagai pembicara ke dua, Pak Angga juga menyampaikan motivasi dan berbagi pengalaman yang tentunya menginsiprasi para peserta. Motivasi yang disampaikan dengan Pak Angga tentu berbeda dengan sebelumnya. Masing-masing pembicara memberikan motivasi yang inspiratif dengan cara mereka sendiri untuk menyalurkan semangat kepada peserta yang hadir. Setelah penyampaian motivasi berakhir, acara selanjutnya adalah talkshow oleh Bapak Miguel dan Bapak Angga.

Talkshow pada hari itu memperlihatkan antusias peserta mengikuti acara tersebut dengan dibuktikan beberapa peserta melontarkan pertanyaan kepada pembicara. Pada sesi ini lah dimaksudkan agar peserta yang hadir apakah benar-benar mendengarkan apa yang pembicara sampaikan karena dengan sesi tanya jawab mampu melatih mahasiswa untuk menggali rasa ingin tahu mereka lebih dalam lagi. Acara tidak berhenti di situ saja, dilanjutkan dengan talkshow oleh Bapak Wisudanto. Isi dari yang disampaikan sama yaitu tentang sharing dan motivasi. Kemudian, dilanjutkan dengan pembicara dari mahasiswa Universitas Airlangga yaitu Mas Tegar. Ia menyampaikan tips dan sharing juga kepada para peserta.  

Acara ditutup sekitar pukul 16.10 WIB dengan penyerahan plakat oleh KOC acara kepada para pembicara yang hadir. Kesimpulannya, hari pertama cukup menyenangkan sebab banyak peserta yang hadir dan rasa antusias terlihat saat sesi tanya jawab. Setelah acara usai, seluruh panitia mengadakan evaluasi di depan koridor Aula Fadjar. Hasil dari evaluasi tidak begitu butuk, karena semua panitia dirasa sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.


  • Hari Kedua

Sebelum dimulai kegiatan dihari ke dua, seluruh panitia diminta berkumpul untuk melakukan briefing  sekitar pukul 07.30 WIB. Rangkaian acara di hari kedua ini berbeda dengan hari pertama. Di hari kedua, acara dimulai pagi hari pukul 08.30-09.00 WIB untuk registrasi peserta.

Saat peserta hadir, panitia mengarahkan untuk segera memasuki aula. Namun, jumlah peserta di hari kedua ini tidak sebanyak di hari pertama. Hanya separuh dari jumlah peserta yang mendaftar yang hadir di Aula.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Dilanjutkan oleh pembacaan serangkaian acara oleh MC. Sekitar pukul 09.15 WIB    acara dianjutkan dengan workshop yakni penyampaian materi tentang pengolahan data oleh Mbak Eka Wahyuni. Mbak Eka adalah seorang asisten salah satu dosen yang mengajar di Ekonomi Pembangunan. Dengan ilmunya yang mahir dalam hal mengolah data, ia memberikan materi yang sangat bermanfaat kepada peserta dan pantia yang hadir untuk belajar bersama-sama mengolah data. Kemudian acara dilanjutkan dengan workshop oleh Mas Tegar yang bertugas memberikan materi tentang penulisan paper.

Sekitar satu jam beliau menyampaikan tips dalam hal penulisan paper yang inovatif. Pada pukul 11. 00 WIB seluruh acara diakhiri sementara karena di jam itu bertepatan dengan ibadah sholat  jumat dan dilanjut sekitar pukul 13.30 WIB. Menjelang acara berakhir, ada dua pembicara yang hadir di sesi kedua hari itu yakni Mbak Irma dari jurusan Manajemen angkatan 2017 dan Mas Kathon  jurusan Manajemen angkatan 2016. Mereka berdua menyampaikan materi mengenai business plan. Pada pukul 14.30 WIB dilanjutkan dengan penjelasan SOP dari kurikulum kelas bimbingan oleh ketua acara yaitu Abednego. Di akhir acara selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Acara  ditutup dengan penyerahan plakat oleh KOC kepada para pembicara.

Setelah acara usai, seluruh pantia berkumpul utnuk mengadakan evaluasi di hari  kedua itu dan menemukan beberapa kendala di jumlah peserta yang hadir cukup sedikit dan banyak yang keluar aula sebelum acara usai. Selebihnya, seluruh pantia sudah melaksanakan tugasnya saat acara berlangsung dengan sangat baik.











LAMPIRAN


Kamis, 21 Maret 2019



Penyampaian motivasi Bapak Miguel








Kamis, 21 Maret 2019














Talkshow oleh Bapak Angga











Kamis, 21 Maret 2019


Workshop konsep paper oleh Mas Tegar










Jumat, 22 Maret 2019


Penyampaian materi Business Plan oleh Mas Kathon












Jumat, 22 Maret 2019

Pemberian materi Business plan oleh Mbak Irma














Jumat, 22 Maret 2019

Workshop pengolahan data oleh Mbak Eka












Jumat, 22 Maret 2019

















Sesi tanya jawab














    Jumat, 22 Maret 2019


Antusias peserta mengikuti kegiatan

Hits 514